Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 14:11-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png

1. Apa yang dapat dipakai sebagai bukti bahwa Yesus adalah utusan atau berasal dari TUHAN ALLAH ISRAEL?
2. Siapa yang dapat melakukan pekerjaan yang YESUS pernah lakukan dan mungkin akan melakukan yang lebih besar dari pada apa yang YESUS KERJAKAN?
3. Apa jaminan yang YESUS katakan bagi orang yang percaya kepada-Nya?
4. Apa syarat untuk meminta kepada Yesus atau Bapa agar dikabulkan?

This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika Yesus memuji YOHANES PEMBAPTIS, YESUS penah mengatakan bahwa :

YOHANES 11:11 Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada YOHANES PEMBAPTIS, namun yang terkecil dalam KERAJAAN SURGA lebih besar dari padanya.

YESUS membicarakan orang-orang yang sudah lahir baru, yang menjadi anggota dari KERAJAAN ALLAH lebih besar dari Yohanes Pembaptis, karena kehadiran ROH KUDUS yang diberikan kepada semua manusia yang percaya kepada YESUS dan terjadinya setelah KEBANGKITAN YESUS DARI KEMATIAN.

Artinya semua umat tebusan adalah lebih besar dari YOHANES PEMBAPTIS.

Saudara, mengapa umat tebusan lebih besar dari YOHANES PEMBAPTIS?

Karena umat tebusan telah dianugerahkan ROH KUDUS dan KUASA ROH KUDUS setelah YESUS dibangkitkan itu lebih lengkap dari pada kuasa-kuasa dari Nabi-nabi dalam perjanjian Lama.

Mengapa?

Mari kita lihat dan kita bedakan :

KEJADIAN 1:26 Berfirmanlah ALLAH : ”Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Kekuasaan manusia dalam Perjanjian Lama hanya dapat menguasai seluruh bumi.

Tapi mari kita lihat apa yang dikatakan oleh YESUS setelah DIA bangkit dari kubur-Nya :

MATIUS 28:18 Kepada-Ku telah diberikan segala KUASA di surga dan di bumi.

Saudara, kita lihat bedanya kuasa dari manusia di PL dan PB khususnya pengaruh dari ROH KUDUS, dulu manusia sebagai MITRA ALLAH yang diberi kuasa untuk menguasai seluruh bumi, namun bagi umat Tuhan dalam PB, kepada kita diberi kuasa sampai ke surga.

I KORINTUS 6:3 Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.

Saudara, YESUS sendiri yang menjamin, bahwa orang yang percaya YESUS akan melakukan pekerjaan YESUS dan bahkan lebih besar dari apa yang YESUS telah kerjakan, namun benarkah seperti itu?

Ya, pernyataan YESUS itu benar adanya, bukan kualitasnya, namun kuantitasnya.

REINHARD BONKE atau BENNY HIN, bisa berkhotbah di depan satu juta orang di Afrika, Yesus berkhotbah di depan kurang dari sepuluh ribu orang;  Smith Wigleswort membangkitkan orang mati lebih dari empat orang, sementara YESUS membangkitkan empat orang.

Dan banyak contoh lagi, namun sekali lagi saya katakan , bukan kualitasnya namun kuantitasnya.

YESUS memuridkan hanya di Israel, dan orang percaya kepada-Nya yang akan memuridkan seluruh bangsa-bangsa yang ada di bumi ini.

YESUS tidak seperti guru-guru silat yang selalu menyimpaan satu jurus pamungkas buat dirinya supaya dia tidak dapat dikalahkan oleh muridnya, sangat berbeda dengan YESUS yang telah mengatakan bahwa murid-muridNya bisa MENGERJAKAN YANG LEBIH BESAR dari yang YESUS KERJAKAN.

HALELUYA, PUJI TUHAN.

AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Apa sebab Kuasa Roh Kudus, tidak bekerja dalam hidup orang percaya?