Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini :2 KORINTUS 5:17-21

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa itu lahir baru?
  2. Dengan siapa manusia diperdamaikan, mengapa?
  3. Apa yang tidak diperhitungkan oleh Allah dalam perdamaian itu, mengapa?
  4. Bagaimana caranya Allah membenarkan kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, dalam tulisan ini rasul Paulus menjelaskan bagaimana, manusia berdosa diperdamaikan dengan ALLAH YANG MAHA KUDUS, tidak ada seorangpun manusia yang tidak berbuat dosa, semua orang telah berbuat dosa.

ROMA 3:23 Karena semua orang telah telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.

ROMA 3:10-12 seperti ada tertulis : ”Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.”

Allah berinisiatif untuk berdamai dengan manusia dengan mengutus PUTRA TUNGGALNYA YESUS KRISTUS.

Yesus dibuat jadi TUMBAL untuk menjadi ANAK DOMBA PASKAH ALLAH, FIRMAN Allah itu menjadi manusia lewat kelahiran-Nya dari seorang PERAWAN Maria.

Yesus Kristus Anak Manusia itu berjalan di muka bumi ini untuk menggenapi semua tuntutan Hukum TAURAT, Dia menjadi seorang manusia yang KUDUS karena Dia tidak sekalipun jatuh dalam berbuat DOSA, DIA manusia yang selalu melakukan KEBENARAN, Dia tidak menyeleweng, Dia selalu menolong dan melayani orang lain.

Sering Dia didapati sedang berdoa mencari arahan TUHAN, sehingga Dia efektif dalam hidup-Nya. YESUS, tiga setengah tahun dalam pelayanan-Nya, dan Allah Bapa-Nya berkenan kepada semua pelayanan-Nya, karena Dia melakukan semuanya sesuai dengan RENCANA BAPANYA.

Satu-satunya perbedaan pendapat, perasaan YESUS dengan BAPANYA, kita bisa ketahui : Ketika YESUS BERDOA DI GETSEMANI.

MATIUS 26:38-39 Lalu kata-Nya kepada mereka : ”Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya.Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.” Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya : ”Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

Kita melihat bagaimana Sang PUTRA melakukan hidup-Nya di bawah tuntunan Roh Kudus untuk selalu melakukan kehendak Bapa-Nya.

Dia sepenuh hidupNya untuk mengerjakan dan Menyelesaaikan  pekerjaan Bapa-Nya. Misi YESUS ke dunia adalah melakukan MISIO DEI.

Mengerjakan misi Allah yaitu untuk MENDAMAIKAN MANUSIA DENGAN ALLAH. Barang siapa yang PERCAYA diselamatkan dan dianugerahi ROH KUDUS, sehingga setiap orang percaya memiliki ROH KUDUS dalam batin mereka, mereka mengalami kelahiran baru.

Namun diharapkan setiap orang percaya mempersembahkan tubuh mereka kepada ALLAH supaya kehidupan kelahiran barunya bisa sempurna, supaya orang itu benar-benar dikendalikan oleh ROH KUDUS ALLAH.

GALATIA 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh.

Supaya karya kelahiran baru itu bisa terlihat bagi orang-orang yang ada di sekitar kita, yang LAMA TELAH berlalu dan yang BARU TELAH datang.

Supaya setiap mereka bisa mengalami hal yang sama ketika Allah melawat mereka.

Kita adalah ciptaan baru ketika Roh Kudus diberikan sebagai meterai dalam hidup kita.

HALELUYA.

AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Apa yang menyebabkan ada orang percaya yang tidak mengalami perubahan dalam hidupnya untuk sekian lamanya?