Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 2 KORINTUS 4:3-10

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang diberitakan ketika menyaksikan kebenaranNya?
  2. Mengapa harta ini kita punyai dalam bejana tanah liat?
  3. Apa yang seharusnya terjadi ketika kita ditindas, habis akal, dianiaya dan dihempaskan?
  4. Bagaimana kehidupan Yesus dapat nyata dalam tubuh kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Emas dimurnikan dalam api, segala yang yang merusak dan menggangu kemurnian emas akan dimunculkan ketika api yang panas itu membakar emas.

Seringkali tekanan dan penderitaan digunakan Tuhan untuk memunculkan emas dalam hidup kita, orang-orang dalam penderitaan dan kekecewaan akan memunculkan “sifat asli”nya, pada saat ini ada dua respon yang biasa terjadi.

Pertama orang tersebut membuang “kotoran-kotoran” yang muncul serta bertobat untuk berubah sehingga semakin terlihat kemurnian emas ini.

Respon kedua adalah menolak untuk membuang “kotoran-kotoran” yang muncul sehingga Tuhan memerlukan waktu lagi untuk memurnikan agar emas itu semakin nyata kemuliaannya dan tidak dikotori oleh hal-hal yang menggangu.

Paulus dan tim dalam pelayanannya memberi kesaksian dalam surat yang diberikan kepada jemaat di Korintus.

Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa. Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami.” 

Paulus menyadari bahwa dari semua penderitaan yang dialaminya tujuannya adalah supaya kehidupan Yesus menjadi nyata dalam hidup mereka.

Kehidupan Yesuslah yang harus nyata dan dimanifestasikan dalam hidup kita orang-orang percaya.

Dunia membutuhkan Yesus, namun Yesus menggunakan hidup kita agar mereka tahu bahwa Yesus mengasihi dunia ini dan Yesus merindukan semua orang tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.

Ada banyak hal yang sedang dan terus Tuhan murnikan dalam hidup kita, melalui orang terdekat kita (suami, isteri, anak), melalui komunitas di mana kita berada (kantor, bisnis, sekolah), bahkan melalui orang-orang yang tidak percaya yang menolak Yesus dan tentu menghalangi kita bertumbuh, mereka semua Tuhan pakai untuk memurnikan kita agar Yesus nyata dalam kehidupan kita.

Saudara, ada harta berharga dalam kehidupan kita yaitu Yesus, namun seperti emas yang akan muncul kemurniannya ketika dipanaskan, demikian juga Tuhan merindukan bahwa kehidupan Yesus menjadi semakin nyata dalam hidup kita dalam berbagai bidang.

Mari kita renungkan bersama, sejauh mana “emas”dalam hidup kita telah mengalami pemurnian, sudahkan kehidupan Yesus nyata dalam bisnis dan pekerjaan saudara?

Atau nyata dalam rumah tangga saudara?

Bangsa-bangsa tertarik pada Yesus yang ada pada diri kita.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.