Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 2 TIMOTIUS 4:1-8

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kapan akan datang masa di mana orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat?
  2. Apa yang mereka dengar ketika mereka memalingkan telinganya dari kebenaran?
  3. Apakah nasihat Paulus mengenai tugas pemberitaan Injil dan tugas pelayanan kita?
  4. Menurut Paulus seperti apa kita dapat mengakhiri pertandingan dengan baik?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Paulus adalah salah satu dari rasul yang memiliki teladan dalam hal konsistensinya membuka pelayanan, menggembalakan hingga lahir pemimpin-pemimpin baru yang disiapkan untuk menggantikan dia.

Timotius adalah salah satu buah pelayanannya yang disiapkan menjadi pemimpin, kita percaya bahwa tentu mempersiapkan pemimpin memerlukan waktu dan perhatian.

Paulus tentu menghadapi banyak tantangan dan kesulitan ketika mempersiapkan Timotius, Paulus harus menasihati Timotius sedemikian rupa dengan kebenaran Firman Tuhan termasuk persiapan penderitaan yang pasti akan dialami agar dia siap menghadapi dengan tetap setia pada panggilannya.

Memulai dan mengakhiri suatu proses memiliki kesulitan dan tantangan sendiri-sendiri.

Banyak orang mungkin bisa memulai dengan baik suatu pelayanan yang dibangun ketika sedang memiliki semangat dan antusias yang menyala-nyala, ketika segala sesuatu terlihat mendukung.

Namun bagaimana ketika kesulitan dan penderitaan menghalangi jalan-jalan yang dilaluinya?

Tidak sedikit yang gugur di tengah jalan, mereka memulai dengan baik tetapi mengakhiri dalam daging atau dalam kekecewaan yang dalam terhadap manusia bahkan juga terhadap Tuhan.

Seperti yang kita baca pada perikop ini, Firman Tuhan melalui Paulus mengingatkan kita semua bahwa akan datang waktunya orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. 

Terhadap semua kondisi itu Firman Tuhan mengingatkan kita “kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu! 

Ya, selesaikan dengan baik apa yang Tuhan percayakan kepada kita!

Apa yang Tuhan percayakan kepada saudara saat ini?

Pelayanan?

Pekerjaan?

Bisnis?

Sekolah yang baik?

Mari kita tuntaskan semua tugas yang Tuhan percayakan dengan baik.

Jangan biarkan emosi atau perasaan kita atau kekecewaan kita menghentikan apa yang baik yang Tuhan sudah percayakan untuk diselesaikan.

Roh Kudus memberi kekuatan kepada kita untuk berharap dan bergantung kepadaNya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.