Renungan Harian Kita
Penulis : Aris Handoko

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 1 KORINTUS 2:11-16

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang bisa tahu apa yang terdapat dalam diri Allah?
  2. Roh apa yang sudah kita terima ketika kita lahir baru?
  3. Apa tujuan kita menerima Roh tersebut?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Seorang anak belajar banyak hal sejak masa kecil. Salah satunya adalah KEPERCAYAAN kepada orang tua dan KOMUNIKASI.

Jika hubungan anak dengan orang tua baik, maka kepercayaan semakin dibangun. Sang anak tidak lagi datang kepada orang tua hanya karena ada perlunya dan orang tua pun tidak datang kepada anak hanya karena ada perintah, tapi karena mereka sama-sama menikmati saat-saat bersama dan lewat itu mereka menjadi lebih memahami satu sama lain.

Banyak hal yang orang tua mengerti, namun belum dimengerti oleh anak-anaknya. Meskipun demikian, orang tua yang bijak tidak langsung membombardir anak-anaknya dengan segala pengetahuan dan limpahan fasilitas. Misalnya, orang tua tidak langsung memberikan gadget atau kendaraan bermotor kepada anaknya yang baru berusia lima tahun. Orang tua juga tidak langsung memberitahukan rahasia keluarga atau warisan yang sudah disiapkan kepada anaknya yang baru berusia sebelas tahun.  

Lalu bagaimanakah kita bisa mengetahui apa yang dikaruniakan Allah kepada kita?

Kita bisa bertanya kepadaNya! Bangun hubungan denganNya. Tapi seandainya Ia tidak langsung mengungkapkan atau kita belum bisa memahamiNya, seharusnya itu tidak menjadikan kita putus asa atau putus hubungan dengan Allah – sama seperti seorang anak dengan orang tuanya.

Untuk bisa memahami sesuatu seringkali dibutuhkan banyak investasi. Investasi waktu, tenaga, pikiran, dan hati. Saudaraku, bersediakah saudara membiarkan Allah menilai kita, sama seperti orang tua menilai kesiapan anaknya untuk bisa diajarkan dan diberikan informasi tentang sesuatu. Teruslah membangun hubungan denganNya sampai kita bisa memahami pikiran dan perasaanNya, hingga waktunya datang untuk kita – bukan sekedar menerima karuniaNya tapi juga menggunakan karuniaNya untuk memuliakan namaNya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dengan pembimbing saudara, hal apa yang sudah Tuhan karuniakan dan hal-hal apa yang masih belum saudara pahami. Doakanlah bersama.