Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : II TIMOTIUS 2:19-22

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya. Secara khusus hafalkanlah II Timotius 2:21.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Bagi setiap umat Tuhan yang menyebut nama Tuhan, maka apakah yang harus mereka tinggalkan?
  2. Bagaimana cara kita meninggalkan hal-hal yang jahat? Tujuannya untuk apa?
  3. Oleh sebab itu agar kita meninggalkan kejahatan semakin menyucikan kita dari hal yang jahat, hal apakah yang harus kita jauhi dan hal-hal apakah yang harus kita kejar?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika kita mengalami kelahiran kembali dengan percaya dan menerima Yesus sebagai Juruselamat kita, maka Tuhan menjadikan kita sebagai orang kudus.

Agar kekudusan Tuhan itu senantiasa terpancar dalam hidup kita maka kita harus meninggalkan setiap kejahatan yang masih menguasai pikiran, perasaan dan kehendak kita sehingga kita dapat senantiasa hidup dalam kekudusan dan terus menyucikan diri kita dari hal-hal yang jahat supaya kita dapat dipakai oleh Tuhan untuk pekerjaan yang mulia, sehingga kita dapat menjadi saluran kasih Tuhan untuk jiwa-jiwa yang terhilang.

Untuk kita dapat menyucikan diri dari hal-hal yang jahat dapat kita lakukan dengan mematikan diri kita dari segala sesuatu yang duniawi yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala yang dapat membuat kita lebih mencintai dunia ini dari pada mencintai Tuhan (Kolose 3:5).

Selain itu kita harus membuang segala bentuk amarah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor dari mulut kita, juga kata dusta dan kebohongan (Kolose 3:8-9).

Demikian kita tidak lagi hidup dengan karakter manusia lama tetapi memiliki dan hidup dengan manusia yang baru, sehingga kita selalu mengejar keadilan, kesetiaan, kasih dan damai sejahtera, sehingga aliran Roh Kudus selalu terjadi dalam hidup kita untuk memanifestasikan Yesus, sehingga kita dapat menggenapi Firman-Nya bahwa: “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.” (I Yohanes 2:6)

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam komunitas saudara hal-hal apa yang harus dimatikan, dibuang dan dikejar agar kekudusan Tuhan nampak dalam hidup saudara.