Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : II TIMOTIUS 1:11-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dipercayakan oleh Allah kepada rasul Paulus?
  2. Apa yang menguatkan rasul Paulus?
  3. Bagaimana latar belakang rasul Paulus?
  4. Apa yang telah dikaruniakan dengan limpahnya kepada Paulus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, rasul Paulus adalah seorang rasul yang mengajarkan bahwa kita selamat hanya karena belas kasihan Tuhan saja.

EFESUS 2:8-9 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu, itu pemberian Allah; itu bukan hasil pekerjaanmu, jangan ada orang yang memegahkan diri.

Keselamatan kita bukan karena hasil pekerjaan kita bahkan pelayanan kita juga dianugerahkan kepada kita bukan karena kita layak, tapi karena TUHAN yang melayakkan kita.

I KORINTUS 15:9-10 Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah. Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

Saudara, rasul Paulus sangat bekerja keras dengan pemberitaan Injil karena dia menyadari bahwa dia adalah seorang sahabat Allah karena kasih karunia, dan karena itu dia dibenci oleh orang-oran g Farisi.

Ke manapun dia pergi memberitakan Injil, ada orang-orang farisi yang membenci dia selalu mengikuti dia untuk mempengaruhi orang-orang Yahudi untuk mengganggu pemberitaan Injil rasul Paulus.

Rasul Paulus ditangkap di Yerusalem dan dia di penjara dan diadili oleh orang Romawi sebagai seorang penyesat bagi agama Yahudi.

Paulus adalah bekas seorang Farisi yang bernama Saulus.

Rasul Paulus dipenjara oleh karena berita Injil yang diberitakannya.

Dan para rasul juga pernah menerima pengajaran oleh Yesus Kristus, bahwa mereka akan dijebloskan ke penjara karena nama Yesus, kita akan difitnah oleh karena nama Yesus Kristus, dan karena berita injil.

FILIPI 1:12-14 Aku menghendaki, saudara-saudara, supaya kamu tahu, bahwa apa yang terjadi  atasku ini justru telah menyebabkan kemajuan Injil, sehingga telah jelas bagi seluruh istana dan semua orang lain, bahwa aku dipenjarakan karena Kristus. Dan kebanyakan saudara dalam Tuhan telah beroleh kepercayaan karena pemenjaraanku untuk bertambah berani berkata-kata tentang firman Allah dengan tidak takut.  

Rasul Paulus di penjara karena dia sangat dibenci oleh para Yudaisme.

Yesus sudah pernah mengajar dan memberitahu murid-murid bahwa mereka akan mengalami apa yang dialami oleh rasul Paulus.

YOHANES 16:1-4a Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.

Saudara, oleh karena itu, jika karena berita Injil kita akan dikucilkan atau dipenjarakan karena Kabar Baik itu, maka rasul Paulus katakan jangan malu.

Petrus menasihati jemaat supaya jangan ada di antara jemaat yang menderita atau di penjara karena kejahatannya.

I PETRUS 4:13-16 Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya. Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus sebab Roh kemuliaan yaitu Roh Allah ada padamu. Janganlah ada di antara kamu yang harus menderita sebagai pembunuh atau pencuri atau penjahat, atau pengacau. Tetapi, jika ia menderita  sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.

Oleh karena itu, maka jika kita harus menderita atau dipenjarakan karena Injil dan nama Yesus Kristus, jangan malu atau tidak perlu malu.

HALELUYA.

AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Persoalan seperti apa saja yang bisa menyebabkan kita menderita atau masuk penjara?