Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : II TIMOTIUS 1:7-10

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang Allah berikan kepada kita?
  2. Perasaan atau sikap apa yang jangan dialami oleh Timotius karena hubungannya denga rasul Paulus?
  3. Dengan apa Allah menyelamatkan kita?
  4. Dengan apa TUHAN ALLAH mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang KEKAL?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara,  oleh karena KASIH KARUNIA ALLAH BAPA kita, setelah kita percaya kepada BERITA INJIL, dan kita menerima PENEBUSAN, PEMBENARAN dan PENGUDUSAN.

Dan TUHAN ALLAH mengaruniakan kepada kita ROH KUDUS, sebagai meterai, tanda kepemilikan-Nya atas kita.

EFESUS 1:13-14 Di dalam Dia kamu juga, -karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan ROH KUDUS, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu ialah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”

Ketika Roh Kudus yang diANUGERAHKAN TUHAN kepada kita berdiam di dalam batin kita, maka apa yang dinubuatkan oleh YEHEZKIEL terealisasi di dalam hidup kita.

YEHEZKIEL 36:25-27 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yangh taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Tuhan memberikan hati yang baru dan roh yang baru di dalam batin kita sehingga kita mengalami KELAHIRAN BARU, yang lama sudah berlalu dan YANG BARU SUDAH DATANG.

ROH KUDUS ALLAH, berdiam di dalam kita dan menjadikan kita BAIT-NYA, TEMPAT KEDIAMAN ALLAH dalam roh kita.

Kehadiran ROH KUDUS di dalam batin kita menyebabkan kita MENGALAMI PENTAHIRAN atau PENGUDUSAN dan kita memiliki dan menerima suatu KEHIDUPAN YANG BARU DI DALAM KRISTUS.

IBRANI 10:14 Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan.

Saudara, kita memiliki SUATU KEHIDUPAN BARU DI DALAM KRISTUS dan kehidupan kita yang lama SUDAH BERLALU.

Dan ALLAH MENGANUGERAHKAN ROH-NYA ke dalam BATIN KITA.

DIA tinggal di dalam hidup kita, dan menyatakan bahwa tubuh kita adalah tempat kediaman DIA di bumi saat ini di dalam ROH.

I KORINTUS 6:19-20 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait ROH KUDUS yang diam di dalam kamu, ROH KUDUS yang kamu peroleh dari Allah- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas di bayar : Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Saudara, Roh-Nya yang berdiam di dalam kita adalah Roh yang dianugerahkan kepada kita supaya SEMUA JANJI BAPA TEREALISASI OLEH-NYA.

Roh Allah itu akan MENGAJAR dan MENUNTUN KITA, Dia mau supaya kita bisa menjadi INDIVIDU YANG KUAT bukan individu yang PENAKUT, PERAGU yang selalu KUATIR, TUHAN TIDAK MENGANUGERAHKAN roh seperti itu pada kita, tapi Dia menganugerahkan ROH yang menimbulkan KEKUATAN DAN KEBERANIAN YAITU KUASA ROH KUDUS.

HALELUYA.

AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Mengapa ada anak-anak TUHAN sudah lahir baru tapi terus menerus KUATIR, TAKUT tapi ngakunya bijaksana?