Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

Pembacaan Alkitab Hari ini : ROMA 12:9-12

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

  1. Apa yang tidak boleh pura-pura dan apa yang harus dijauhi?
  2. Dalam hal apa kita harus saling mengasihi dan saling mendahului?
  3. Apa yang tidak boleh kendor dan hendaklah roh kita menyala dalam hal apa?
  4. Dalam hal apa kita harus bersukacita dan sabar?

Saudara, hendaklah kita hidup dalam kejujuran dan ketulusan.

Dan marilah kita menjauhi kejahatan dan marilah kita rajin untuk berbuat baik kepada semua orang dan yang terutama kepada saudara seiman, kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan.

Kepada saudara seiman marilah kita saling mengasihi dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Saudara, marilah kita membangun hidup kerohanian kita dengan membiarkan roh kita menyala-nyala.

Roh yang menyala, hanya kita dapatkan jika bisa senantiasa merasakan realita kehadiran Allah.

Kehadiran Allah di dalam batin kita bisa dinikmati dan dirasakan senantiasa jika kita dapat menjaga kepenuhan Roh Kudus dalam hidup keseharian kita.

Bagaimana ini bisa dipelihara dan diterapkan.

Rasul Paulus mengatakan hal itu bisa dilakukan dengan membiarkan pikiran, hati dan juga kemauan kita atau JIWA kita terkontrol oleh Roh Kudus.

I KORINTUS 14:14-15 Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa. Jadi, apakah yang harus kuperbuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan bernyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku.

Saudara, ketika kita berdoa dan bernyanyi dengan roh kita, maka hati kita akan merasakan sukacita dan pikiran kita akan merasakan damai sejahtera yang berasal dari Roh Kudus.

Kalau keadaan ini dibiarkan berlama-lama maka kita akan merasakan sukacita dan damai sejahtera, bahkan akan merasakan berkobar-kobar seperti orang mabuk anggur, dan inilah sebenarnya yang dikatakan oleh Paulus sebagai yang penuh dengan Roh Kudus.

EFESUS 5:18-19 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyilah dengan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.

EFESUS 6:18b Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putus nya untuk segala orang kudus.

Saudara, marilah kita melakukan nasihat rasul Paulus ini agar kita senantiasa berkobar-kobar dan mengalami Roh yang menyala-nyala dalam melayani Tuhan dan sesama kita.

HALELUYA.

AMIN.

Mengapa kita sering tidak mengalami kobaran semangat dan roh yang menyala dalam kehidupan kita?