Renungan Harian Kita
Penulis : Pramadya Wisnu

Pembacaan Alkitab Hari ini : 1 KORINTUS 12:9-11

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

1. Siapakah yang memberikan karunia bagi orang percaya?
2. Apakah semua orang percaya memiliki paling tidak satu karunia?

“Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.” (Efesus 4:7)

Firman Allah dengan tegas menyatakan bahwa kepada tiap-tiap orang percaya, telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.

Menurut para ahli teologia, kasih karunia di sini menunjuk kepada karunia-karunia rohani yang Roh Kudus berikan kepada orang-orang percaya.

Karunia rohani dalam bahasa asli kitab Perjanjian Baru ditulis, yaitu bahasa Yunani: kharismata, yang adalah bentuk jamak dari kata ”kharis”.

Di Alkitab ajaran tentang karunia-karunia rohani ditemukan dalam kitab Roma 12, 1 Korintus 12 dan Efesus 4.

Dan kapan karunia rohani itu pertama kali dikaruniakan kepada orang percaya, terdapat dalam kisah Pentakosta, atau turunnya Roh Kudus kepada para murid yang ditulis oleh Lukas di Kisah Para Rasul 2.

Karunia rohani yang terdapat di dalam Roma 12:6-8 adalah karunia bernubuat, melayani, mengajar, menasihati, membagi-bagikan sesuatu (memberi), memimpin dan menunjukkan kemurahan.

Yang termasuk dalam 1 Korintus 12:8-11 adalah karunia berkata-kata dengan hikmat, berkata-kata dengan pengetahuan, iman, menyembuhkan, mengadakan mujizat, bernubuat, membedakan bermacam-macam roh, berbahasa roh dan menafsirkan bahasa roh.

Sedangkan yang termasuk dalam daftar di 1 Korintus 12:28 adalah karunia mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, melayani (menolong), memimpin dan berkata-kata dalam bahasa roh.

Karunia-karunia rohani tersebut adalah karunia-karunia utama yang jika dipelajari dengan seksama bisa diperoleh makna yang jauh lebih luas.

Misalnya karunia melayani atau menolong dalam 1 Korintus 12:28 yang dalam bahasa asli ditulis ”an-til-ape-sis”, artinya adalah menolong atau ”Helps” dalam kitab King James Version.

Dalam pelayanan, karunia menolong atau Helps ini bisa diterapkan dalam berbagai bidang. Intinya adalah karunia untuk menolong orang lain, menolong aktivitas pelayanan agar dapat berlangsung dengan baik.

Sehingga mereka yang ada di balik layar dalam aktivitas pelayanan dapat diwadahi dalam jenis pelayanan Helps ini.

Misalnya operator sound system, operator multimedia, atau mereka yang membantu mengatur meja, kursi, panggung, bahkan mereka yang membersihkan ruangan atau sopir yang mengantar jemput para pelayan.

Ya, mereka adalah juga pelayan yang memiliki karunia Helps!

Saudara, diskusikan dalam kelompok pemuridan, tanyakan pada rekanmu, menurut mereka, apakah karunia rohani yang engkau miliki.