Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

Pembacaan Alkitab Hari ini : 1 KORINTUS 12:4-8

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

  1. Apakah dengan adanya berbagai karunia berarti juga banyak Roh?
  2. Apakah dengan adanya berbagai pelayanan berarti banyak Tuhan?
  3. Apa tujuan kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh?

Ada banyak karunia dan pelayanan tetapi dikerjakan oleh Roh yang sama, hal ini menjadi dasar bahwa seharusnya tidak ada perpecahan di antara orang-orang percaya yang memiliki karunia roh atau pelayanan yang berbeda-beda.

Jemaat Tuhan seharusnya menyadari bahwa sebagai Tubuh Kristus di mana Kristus sebagai Kepala merindukan seluruh bagian anggota-anggota tubuhNya yang memiliki fungsi yang berbeda-beda dapat bersatu dan bekerja sama dengan baik.

Karunia rohani yang berbeda-beda merupakan kekuatan yang luar biasa bila dapat disatukan untuk menggenapi panggilan Tuhan yang istimewa dalam suatu jemaat lokal.

Rupa-rupa karunia tetapi satu Roh juga dapat diartikan bahwa Roh Kuduslah yang menjadi pemimpin utama dalam penggunaan karunia-karunia yang Tuhan percayakan.

Tuhan tidak menginginkan satu karunia yang menonjol menjadi diutamakan, sementara karunia yang tidak menonjol diabaikan perannya.

Selalu ada kerugian ketika satu karunia tidak berfungsi dengan semestinya pada suatu komunitas, sama seperti suatu tubuh yang mengabaikan bagian terkecil dari anggota tubuh yang sebenarnya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan.

Bagaimana dengan kondisi saudara saat ini?

Apakah karunia rohani yang Tuhan percayakan kepada saudara?

Sudahkah itu berfungsi dalam jemaat atau komunitas di mana saudara biasa bersekutu?

Tidak ada karunia yang tidak berarti, juga tidak ada karunia yang lebih kecil dari yang lain, selama karunia itu digunakan di bawah pimpinan Roh Kudus maka karunia tersebut berfungsi sangat efektif membangun tubuh Kristus untuk menggenapi rencana Tuhan.

Jadi mari kita kobarkan dan gunakan karunia rohani yang Tuhan percayakan kepada kita, hadiri persekutuan atau komunitas terkecil di manapun saudara berada dan ditempatkan.

Ingatlah bahwa karunia ini berfungsi ketika kita berada dalam komunitas di mana Tuhan bertahta bukan ketika kita sendiri.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?
Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.