Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 10:44-48

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

  1. Apa yang terjadi dengan Roh Kudus atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan Petrus?
  2. Mengapa semua orang percaya yang bersunat tercengang-cengang?
  3. Setelah orang-orang itu menerima Roh Kudus apa yang Petrus suruh kerjakan bagi orang-orang tersebut?

Pada perikop ini kita membaca catatan sejarah bagaimana Roh Kudus tidak hanya dicurahkan bagi orang-orang Yahudi yang bersunat, tetapi juga ke atas bangsa-bangsa lain juga.

Orang-orang  percaya pada waktu itu menjadi tercengang-cengang karena tidak menyangka bahwa ternyata Roh Kudus tidak hanya diberikan hanya kepada mereka saja.

Sebenarnya pada Perjanjian Lama sudah dinubuatkan bahwa Allah akan mencurahkan RohNya kepada bangsa-bangsa namun pada masa Perjanjian Baru janji tersebut digenapi.

Dalam pandangan orang-orang percaya pada masa itu, kita orang-orang percaya saat ini termasuk bangsa-bangsa lain yang menerima karunia Roh Kudus.

Kita bersyukur bahwa janji Alllah mengenai Roh Kudus tidak berlaku hanya bagi bangsa Yahudi saja tetapi bagi siapa saja yang mendapat anugerah dan percaya kepada Yesus. Saat ini karunia Roh terus bekerja di antara bangsa-bangsa, kita menjadi bagian dari rencana Tuhan sebagai saluran kuasa Roh Kudus bekerja dan dicurahkan bagi bangsa-bangsa.

Bagaimana kita bisa ikut ambil bagian dalam pekerjaanNya?

Menjadikan bangsa murid-murid Kristus adalah strategi yang Tuhan kehendaki bagi kita.

Orang-orang yang Tuhan percayakan untuk dimuridkan pada akhirnya juga diutus menjangkau bangsa-bangsa melalui berbagai cara yang Tuhan ijinkan terjadi.

Mari kita persiapkan dan bimbing murid-murid yang Tuhan percayakan kepada kita, seperti apapun kondisi mereka saat ini, Tuhan rindu supaya melalui hidup kita pada akhirnya mereka dapat diutus untuk menjadi saluran agar kuasa Roh Kudus dicurahkan atas bangsa-bangsa.

Kita harus menyadari bahwa kehadiran murid-murid Kristus dinantikan oleh banyak bangsa-bangsa, dan Tuhan memberikan mandat kepada kita agar Injil KerajaanNya sampai kepada mereka.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan