Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 2:36-40

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

  1. Mengapa orang-orang terharu mendengar kotbah Petrus?
  2. Apa jawab Petrus kepada orang-orang tersebut?
  3. Apa yang harus mereka lakukan agar menerima karunia Roh Kudus?
  4. Bagi siapa janji mengenai karunia Roh Kudus ini?

Karunia Roh Kudus diberikan sebagai anugerah dari Tuhan bagi orang-orang yang memberi diri dibaptis  dalam nama Yesus untuk pengampunan dosa.

Sesuai dengan namanya karunia ini diberikan sesuai kehendak Tuhan bukan maunya manusia yang meminta kepada Tuhan.

Karunia Roh Kudus merupakan kepercayaan yang Tuhan berikan kepada kita  untuk memanifestasikan kuasa Ilahi demi suatu tujuan yang dikehendakiNya.

Setiap kita orang percaya pasti memiliki karunia Roh dan sudah sehrusnya kita tahu karunia Roh yang diberikan dan senatiasa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tuhan merindukan setiap orang yang percaya menjadi saksiNya yang efektif agar Injil KerajaanNya dapat dimanifestasikan di muka bumi, untuk itulah karunia-karunia Roh diberikan.

Hari ini di tengah-tengah kondisi dunia yang semakin banyak persoalan di mana orang-orang menantikan solusi dari gerejaNya maka karunia Roh sewajarnya dapat dimanifestasikan oleh gerejaNya.

Pada jaman para rasul kita membaca bagaimana kuasa Tuhan dimanifestasikan oleh murid-murid Kristus melalui karunia roh yang bekerja, sehingga banyak orang memberi diri untuk menerima Yesus sebagai Tuhan.

Tentu pada masa kini karunia-karunia itu masih ada, selama masih ada orang-orang yang percaya maka karunia-karunia itu sebenarnya telah diberikan Tuhan dan terus bekerja pada orang-orang percaya yang bertindak dengan iman.

Bagaimana dengah karunia Roh yang saudara miliki?

Mari kita mengaktifkan terus karunia ini dalam pelayanan yang kita lakukan di manapun Tuhan tempatkan kita.

Karunia ini tentunya tidak hanya bekerja ketika kita sedang beribadah atau dalam persekutuan doa tetapi juga bekerja setiap waktu dalam seluruh aktivitas kegiatan yang kita lakukan, tujuannya adalah agar Injil Kerajaan Allah dapat diberitakan dengan tanda-tanda ajaib sebagai manifestasi karunia rohani yang Tuhan percayakan pada kita.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?
Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.