Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

Pembacaan Alkitab Hari ini : WAHYU 21:1-3

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

  1. Apa yang dilihat oleh penulis kitab Wahyu mengenai langit dan bumi?
  2. Apa yang dilihat mengenai Yerusalem yang baru?
  3. Apa yang terjadi dengan kemah Allah dan di mana Allah akan diam?
  4. Apa yang akan Tuhan hapus?

Pada masa Perjanjian Lama Tuhan menyertai dan pernah hadir dalam Bait Suci buatan tangan manusia, kita bisa membaca bagaimana Tuhan menetapkan ukuran-ukuran Bait SuciNya serta kualitas-kualitas yang harus dimiliki oleh perabot-perabot bait suci dalam bentuk fisik pada saat itu.

Tidak hanya itu saja, Bait SuciNya dalam bentuk Tabut Perjanjian juga merepresentasikan kehadiranNya yang memberi kemenangan pada setiap peperangan yang dilakukan oleh bangsa Israel dalam perjalanan menuju tanah perjanjian.

Sejak jaman PL Tuhan memiliki kerinduan untuk dapat berada bersama-sama umatNya, namun hal tersebut tidak dapat dilakukanNya karena kekudusanNya.

Kerinduan Tuhan ini tentunya masih berlaku hingga hari ini, di mana kita dapat menikmati persekutuan dengan Tuhan yang tinggal dalam baitNya bukan dalam bentuk bangunan fisik namun tubuh kita yang telah dikuduskan oleh darah Kristus karena kepercayaan kita akan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Kitab Wahyu menubuatkan hal yang terjadi pada masa yang akan datang, di mana tidak ada lagi air mata, maut, perkabungan dan sebagainya, namun pada masa kini Tuhan sudah sediakan berkatNya melalui kematiaNya di atas kayu salib.

Kehadiran Tuhan dalam kehidupan orang-orang percaya selalu memanifestasikan perbuatan-perbuatanNya yang tidak bisa dilakukan oleh kemampuan manusia biasa.

Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan untuk bekerja dalam seluruh aspek kehidupan kita.

Kita harus senantiasa ingat bahwa Tuhan yang lebih dulu memiliki inisiatif untuk tinggal di tengah-tengah umatNya, Tuhan yang memilki inisiatif untuk menolong umatNya dengan perbuatan-perbuatanNya yang ajaib.

Sama seperti ketika Yesus hadir di muka bumi, di manapun Dia berada tidak hanya memberikan pengajaran yang membuka pikiran tetapi juga mujizatNya yang bekerja dalam seluruh aspek kehidupan orang-orang yang dijumpaiNya.

Ada yang disembuhkan secara fisik, mental, ada yang dibangkitkan dari kematian, memberi makan banyak orang, melepaskan orang dari kuasa jahat dan sebagainya.

Hari ini Dia tetap sama, Tuhan ingin kehadiranNya di tengah-tengah kita memberi dampak luar biasa bagi lingkungan di mana kita ada, mulai dari keluarga, sekolah, tempat kita bekerja, lokasi di mana kita tinggal, apakah saudara senantiasa mengalami realita kehadiran Tuhan?

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?
Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.