RABU, 15 SEPTEMBER 2021

EFESUS 3:10-13

D1. Dibaca

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

D2. Direnungkan

  1. Ragam hikmat siapa yang harus diberitakan oleh Jemaat?
  2. Kepada siapa pelbagai ragam hikmat itu diberitakan?
  3. Apa yang dimaksudkan dengan maksud abadi Allah?
  4. Apa yang menyebabkan kita berani menghampiri hadirat Allah?

D3. Diterapkan

Saudara, pelbagai ragam hikmat Allah adalah berbagai pengertian dan berbagai pemahaman yang TUHAN ALLAH beritahukan kepada JEMAATNYA, dan supaya JEMAAT menceritakan kepada PEMERINTAH-PEMERINTAH dan PENGUASA-PENGUASA LANGIT yaitu penghulu-penghulu dunia yang gelap ini dan roh-roh jahat di udara.

Yang sering MENGELAPKAN dan MENUTUPI dan membutakan mata orang-orang yang belum percaya sehingga mereka tidak bisa mengerti KABAR BAIK yaitu INJIL KERAJAAN ALLAH ataupun INJIL KESELAMATAN.

TUHAN ingin juga supaya GEREJA atau JEMAAT ALLAH juga memberitakan rahasia Allah yang berabad-abad tersembunyi, yang pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia dan yang sekarang sudah diungkapkan oleh Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabiNya yang kudus.

Oleh KARYA YANG SEMPURNA YESUS KRISTUS, dan TUHAN ALLAH mau supaya kita memberitakannya kepada semesta ini, bagaimana orang-orang atau manusia non YAHUDI OLEH KARENA BERITA INJIL BISA MENJADI  UMAT ALLAH, GEREJA menjadi UMAT PILIHAN.

I PETRUS 2:9-10 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memmanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib. Kamu yang dahulu bukan umat Allah, tetapi sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

TUHAN ALLAH mau juga JEMAAT mengungkapkan dan menceritakan kepada semesta ini bagaimana besar KASIH ALLAH.

EFESUS 3:16-17 Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, sehingga oleh imanmu KRISTUS diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.

Suatu pemahaman hikmat dari Tuhan, bagaimana manusia dibenarkan dan diselamatkan oleh iman. Begitu juga agar semua orang tahu bagaimana TUHAN ALLAH SANGAT MENGASIHI GEREJA-NYA.


EFESUS 3:18-19 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih KRISTUS. Dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita. Bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya.

Tuhan mau supaya oleh pelbagai hikmat Allah yang diberitakan oleh Jemaat, maka mata semua orang dapat melihat bagaimana KASIH ALLAH YANG TIDAK BERBATAS ITU yang Dia mau nyatakan kepada semua orang yang percaya kepada berita Injil yang juga diwartakan oleh JEMAAT ALLAH.

HALELUYA.

AMEN.

D4. Diskusikan

Apakah sebenarnya yang ALLAH SEMBUNYIKAN atau RAHASIAKAN selama berabad-abad yang tidak pernah diungkapkan oleh TUHAN ALLAH melalui hamba-Nya para nabi?

Pembacaan Alkitab Berurutan :
Daniel 1-3

Penulis : Pnt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful