SELASA, 14 SEPTEMBER 2021

MATIUS 5:13-16

D1. Dibaca

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

D2. Direnungkan

  1. Jika garam tidak asin lagi maka apa yang biasanya dilakukan orang?
  2. Apa yang tidak dapat tersembunyi?
  3. Mengapa pelita yang menyala tidak di tempatkan di bawah gantung?
  4. Apa tujuan mengapa kita harus melakukan pekerjaan yang baik?

D3. Diterapkan

Saudara, Yesus mengatakan bahwa kita adalah TERANG dan GARAM DUNIA.

Sebagai anak-anak Tuhan yang mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, maka ke dalam kita TUHAN telah mengaruniakan ROH KUDUS sebagai METERAI TANDA KEPEMILIKAN-NYA atas kita.

Dan Yesus telah menetapkan kita sebagai TERANG dan GARAM DUNIA ini.

Sebagai TERANG DUNIA, tugas kitalah untuk menerangi dunia yang gelap ini.


YESAYA 60:1-2 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.

Saudara, janji ini adalah janji Tuhan kepada Israel, namun karena Israel menolak MESIAS mereka, maka PEMBERITAAN INJIL YESUS KRISTUS, menyebabkan ada banyak orang yang menerima TERANG YANG DATANG itu yang ditolak oleh orang-orang YAHUDI

YOHANES 1:9-11 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. Ia telah ada di dalam Dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

Ketika seseorang percaya dan mau menerima-Nya maka


YOHANES 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.

Jadi setiap orang percaya kepada Nama YESUS KRISTUS, maka mereka menjadi anak-anak Tuhan, dan merekalah yang disebut sebagai TERANG dan GARAM DUNIA.

Adapun fungsi dari TERANG adalah untuk menerangi dunia yang gelap ini.

Supaya banyak orang tidak tinggal dan hidup dalam kegelapan.

Tetapi agar mereka hidup dalam terang juga, untuk itu maka orang percaya musti memberitakan NAMA YESUS supaya mereka bisa hidup dalam TERANG karena YESUSLAH TERANG YANG DATANG DARI ATAS.

Jadi semua orang musti mengenal YESUS TERANG DUNIA itu untuk bisa menjadi terang.

Demikian juga kita diberi tugas sebagai GARAM DUNIA.

Garam fungsinya adalah untuk MENGHENTIKAN PEMBUSUKAN, juga untuk MEMBERI RASA YANG ENAK, membuat sesuatu tidak lagi HAMBAR atau tidak berarti menjadi sesuatu yang berarti.

Saudara, AMANAT AGUNG KRISTUS adalah perintah untuk memuridkan bangsa-bangsa dan inilah suatu CARA PRAKTIS UNTUK MENJADI GARAM DAN TERANG bagi orang-orang di sekitar kita di mana kita ditempatkan oleh TUHAN YESUS dan ROH KUDUS, dianugerahkan kepada kita untuk memmbimbing kita memuridkan orang-orang yang ada di sekitar kita.

HALELUYA.

AMEN.

D4. Diskusikan

Apa yang sering menjadi penghalang bagi kita untuk menjadi GARAM dan TERANG bagi tempat di mana kita berada?

Pembacaan Alkitab Berurutan :
Yehezkiel 46-48

Penulis : Pnt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful