MINGGU, 12 SEPTEMBER 2021

KOLOSE 3:17-23

D1. Dibaca

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

D2. Direnungkan

  1. Apa yang harus kita lakukan di dalam nama Yesus, dengan pengucapan syukur?
  2. Apa yang harus dilakukan oleh para isteri kepada suaminya sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan?
  3. Apa yang harus dilakukan oleh para suami terhadap isterinya?
  4. Apa yang indah di dalam Tuhan yang seharusnya dilakukan oleh anak-anak?
  5. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh para bapak?

D3. Diterapkan

Saudara, rasul Paulus menasihati kita agar kita sebagai orang percaya, melakukan segala sesuatu, dengan seganap hati, segenap jiwa dan segenap kekuatan kita.

Sebagai anak-anak Tuhan, maka sudah sepatutnya kita mengabdikan diri kita kepada Bapak yang telah MENEBUS dan MENYELAMATKAN KITA dari perhambaan dosa dan dari cengkeraman dan tawanan kerajaan maut. 

Karena KASIH KARUNIANYA, DIA ALLAH BAPA KITA, di DALAM YESUS telah memilih saudara dan saya untuk diselamatkan oleh berita INJIL KESELAMATAN yaitu INJIL YESUS KRISTUS. Suatu kabar baik yang menjanjikan keselamatan bagi orang yang mempercayai kabar baik yang diberitakan seseorang pemberita kabar baik atau seorang PENGINJIL.

INJIL KESELAMATAN itu menjanjikan bahwa barangsiapa percaya tidak akan binasa melainkan beroleh keselamatan.

Keselamatan yang dijanjikan itu, bukan saja keselamatan kalau nanti kita mati kita akan di bawa ke surga, akan tetapi keselamatan yang juga kita alami di bumi ini dalam segala aspek hidup kita.

Karena keselamatan itu berbicara tentang KEKEKALAN, namun YESUS pernah berkata dalam DOA-NYA menjelang PENGORBANANNYA dalam kitab :

YOHANES 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Jadi saudara, mari kita alami kekekalan itu sejak sekarang sejak kita masih di bumi ini. Rasul Paulus oleh WAHYU dari ROH KUDUS mengatakan dengan gamblang bahwa :

EFESUS 2:4-7 Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita – oleh kasih karunia kamu diselamatkan – dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia surga, supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.

Oleh karena itu, maka supaya kita benar-benar bisa mengalami semua yang dikatakan oleh YESUS dan RASUL PAULUS ini, maka rasul Paulus menasihati kita supaya apapun  yang kita lakukan kita lakukan dengan segenap hati, segenap jiwa dan segenap akal budi kita :

KOLOSE 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah Bapa kita.

Saudara di dalam kekekalan dan di surga seperti yang dikatakan oleh YESUS dan RASUL PAULUS, mari kita alami dari sejak sekarang.

Roh Kudus, telah bersatu dengan roh kita sehingga kita hidup dalam kekekalan dan SUDAH DI SURGA sejak sekarang ini.

Oleh karena itu makanya : Mari kita nikmati keadaan ini sekarang dan mari kita ceritakan kabar baik ini kepada siapa saja terutama kepada orang YANG BELUM PERCAYA, dan beritakan KABAR BAIK ini kepada SAUDARA-SAUDARA kita yang BELUM MENYADARI HAL INI.

Karena banyak orang KRISTEN dan PERCAYA tidak mengerti dan tidak MEMAHAMI APA YANG YESUS KATAKAN DALAM DOANYA ITU dan juga apa yang dikatakan RASUL PAULUS dalam kitab EFESUS itu, supaya semua orang percaya RELA MELAKUKAN SEGALA SESUATU dengan SEGENAP HATI KITA.

HALELUYA.

AMEN.

D4. Diskusikan

Mengapa banyak orang percaya tidak memahami apa yang TUHAN firmankan melalui DOA YESUS dan pesan rasul Paulus itu? yaitu bahwa kekekalan itu dan surga itu bisa dialami sejak sekarang di bumi ini.

Pembacaan Alkitab Berurutan :
Yehezkiel 40-42

Penulis : Pnt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful