SABTU, 11 SEPTEMBER 2021

MAZMUR 71:5

D1. Dibaca

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

D2. Direnungkan

  1. Siapa yang dipercaya dan menjadi pusat pengharapan dari Pemazmur?
  2. Sejak kapan kata Pemazmur, dia bersandar atau bertopang kepada Tuhan?
  3. Mengapa Pemazmur selalu berlindung kepada Tuhan?
  4. Kepada siapa Pemazmur memberi penghormatan dan pujian?

D3. Diterapkan

Saudara, Pemazmur dalam hal ini adalah Daud, menyatakan diri sebagai TANDA AJAIB.

Mengapa dia menyebut dirinya sebagai tanda yang ajaib?

Daud adalah seorang gembala miskin.

Anak bungsu Isai.

Sebagai anak bungsu dia merasakan bahwa dia tidak disayang oleh orang tuanya bahkan dia sangat diabaikan.

Isai memiliki delapan anak semua laki-laki dan Daud adalah anak bungsu.

Mereka hidup dalam kemiskinan, Daud sejak kecil diberi tanggung jawab oleh orang tuanya sebagai pemelihara domba mereka yang jumlahnya tidak banyak, hanya dua tiga ekor saja.

Pengakuan Daud mengenai sikap orang tuanya terhadap dia.

MAZMUR 27:10 Sekalipun ayah dan ibuku meninggalkan aku, namun Tuhan menyambut aku.

Dari ayat pengakuan ini, kita bisa mengerti mengapa Daud bisa bergaul karib dengan Allah.

Karena pergaulannya itu maka lahirlah nyanyian-nyanyian yang indah yang dibuat Daud ketika dia bergaul dengan Allah di padang penggembalaan, dengan kecapinya Daud bermazmur memuji YAHWE, TUHAN ALLAH ISRAEL.

MAZMUR 73:21-26 Ketika hatiku merasa pahit dan buah pinggangku menusuk-nusuk rasanya, aku dungu dan tidak mengerti, seperti hewan aku di dekat Mu. Tetapi aku tetap di dekat-Mu; Engkau memegang tangan kananku. Dengan nasihat-Mu, Engkau menuntun aku dan kemudian Engkau mengangkat aku ke dalam kemuliaan. Siapa gerangan ada padaku di surga selain Engkau? Selain Engkau tidak tidak ada yang kuingini di bumi. Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

Suatu kesaksian dan pengagungan yang dilakukan Daud.

Bagaimana Daud berani untuk bertarung melawan Goliat, karena pengalamannya bersama dengan YAHWE yang menuntun dia selalu.

I SAMUEL 17:32-37 Berkatalah Daud kepada Saul: ”Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu.” Tetapi Saul berkata kepada Daud : ”Tidak mungkin engkau dapat menghadapi orang Filistin itu untuk melawan dia, sebab engkau masih muda, sedang dia sejak dari masa mudanya telah menjadi perajurit.” Tetapi Daud berkata kepada Saul: ”Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawananya, maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudia apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu mengahajarnya dan membunuhnya. Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup. Pula kata Daud : ”Tuhan yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu. Kata Saul kepada Daud : ”Pergilah! TUHAN menyertai engkau.”

Kita sudah tahu ceritanya bagaimana Daud mengalahkan Goliat.

Karena itu Daud mendapatkan promosinya untuk menjadi RAJA ISRAEL dan GEMBALA BANGSA ISRAEL.

Daud merupakan tanda Ajaib bagi banyak orang.

Pergaulannya dengan TUHAN YAHWE, menjadikan Daud istimewa.

Bahkan TUHAN ALLAH datang ke dunia ini dan menyebutkan diri-Nya sebagai ANAK DAUD.

Janji TUHAN kepada MOYANGNYA YEHUDA menjadikan Daud pewaris takhta di Israel, bahkan keturunan Daud akan memerintah selama-lamanya, yaitu KRISTUS ANAK DAUD akan memerintah untuk selama-lamanya kelak.

Daud adalah tanda yang AJAIB bagi banyak orang, karena DAUD BERGAUL INTIM dengan TUHAN sejak dia masih kecil sampai masa tuanya.

HALELUYA.

AMEN.

D4. Diskusikan

Apa yang menyebabkan ada masa Daud mengalami kejatuhan yang fatal, dan apa yang menyebabkan dia kembali berjalan dengan Tuhan sampai hari kematiannya?

Pembacaan Alkitab Berurutan :
Yehezkiel 37-39

Penulis : Pnt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful