MINGGU, 5 SEPTEMBER 2021                                         

D1. Dibaca

KISAH PARA RASUL 1:4-8

Bacalah bagian firman ini utuh dalam perikopnya berulang-ulang supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan menangkap arti yang dikandungnya.

D2. Direnungkan

  1. Berkat apa yang Allah telah sediakan bagi orang percaya?
  2. Sejak kapan Allah memilih kita, umat percaya?
  3. Apakah tujuan pemilihan Allah atas umat percaya?

D3. Diterapkan 

Efesus 1:3 

Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus:

  • yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita
  • segala berkat rohani di dalam sorga. 

Apa yang ditulis oleh Rasul Paulus ini adalah suatu pernyataan iman yang luar biasa, yang ajaib…suatu takdir atau pre-destinasi tentang apa yang Allah sediakan bagi orang yang percaya. Bahwa segala berkat rohani telah tersedia, telah Allah siapkan di sorga untuk diberikan kepada orang percaya di bumi, di Indonesia, di Bandung….ya dimana saja orang percaya itu memiliki iman kepada Kristus.

Dan di sini terulis: segala berkat rohani (all spiritual blessings). Apa artinya? Ya segala berkat, semua hal baik yang tersedia di sorga, yang dibutuhkan oleh orang percaya. Telah Allah sediakan. Dan tahukah saudara bahwa dibalik kata all spiritual blessings itu tersedia apa saja hal-hal baik yang saudara butuhkan…

Lalu, lebih spesifik, kepada siapa segala berkat rohani itu telah Allah sediakan:

Efesus 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. 

Berkat rohani itu tersedia bagi umat percaya yang juga percaya bahwa Allah telah menakdirkan bahwa mereka akan hidup kudus dan tak bercacat! Jadi ketika kita bersedia untuk selalu mendengar suara Roh Kudus untuk hidup dipimpin dan diarahkan oleh Roh, maka perjalanan hidup kita akan sesuai dengan tujuan akhir Allah menciptakan kita: menjadi serupa Kristus, khususnya dalam karakter dan perilaku.

D4. Didiskusikan

Saudara, apakah kebutuhanmu saat ini? Jika engkau yakin itu adalah hal yang baik dan benar, engkau dapat mempercayai bahwa itu juga terbilang sebagai: all spiritual blessings yang telah Allah sediakan di surga!

Pembacaan Alkitab Berurutan :
Yehezkiel 21-22

Penulis : Pramadya Wisnu
Editor : Ervinna Graceful