SABTU, 4 SEPTEMBER 2021                                         

D1. Dibaca

KISAH PARA RASUL 1:4-8

Bacalah bagian firman ini utuh dalam perikopnya berulang-ulang supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan menangkap arti yang dikandungnya.

D2. Direnungkan

  1. Mengapa Yesus pada waktu itu melarang murid-Nya untuk meninggalkan Yerusalem?
  2. Baptisan apa yang pada waktu itu harus mereka nantikan?
  3. Apa yang terjadi bila Roh Kudus turun ke atas murid-murid?
  4. Ke mana saja murid-murid Kristus akan menjadi saksi-Nya?

D3. Diterapkan 

Janji mengenai datangnya Roh Kudus dari Bapa adalah hal yang penting untuk Yesus pesankan kepada murid-muridNya, bahkan mereka diminta untuk tidak meninggalkan Yerusalem terlebih dahulu sebelum mereka dibaptis dengan Roh Kudus.

Saat itu Yesus akan terangkat ke surga dan murid-murid telah siap untuk menjalankan mandat yang Yesus berikan, namun mereka belum memiliki kuasa untuk menjadi saksiNya.

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8).

Kuasa diperlukan murid-murid Yesus untuk menggenapi rencana-Nya, tanpa kuasa mereka tidak akan menjadi saksi-Nya dengan benar dan bahkan tidak mungkin bisa menggenapi apa yang Bapa rencanakan. 

Pernahkah kita membayangkan betapa besar dan memerlukan banyak sumber daya dan melibatkan banyak orang agar segala bangsa menjadi murid-muridNya.

Namun kita tidak perlu kuatir, Bapa di surga tahu bagaimana memperlengkapi kita dengan tepat.

Kuasa itu hari ini sudah kita dapatkan karena Roh Kudus yang dijanjikan Bapa telah dicurahkan seperti yang ditulis dalam Kisah Para Rasul.

Hari ini kita tidak hanya telah dipenuhi tetapi juga seharusnya dipimpin oleh Roh Kudus, kuasa itu ada pada kita dan siap menolong kita untuk menjadikan kehendak Bapa terjadi di bumi seperti di surga.

Pertanyaannya adalah apakah kita telah dan terus menggunakan kuasa itu dengan baik untuk menjadikan segala bangsa murid-Nya?

Bila Yesus berkata jadikanlah segala bangsa murid-Ku itu berarti menjadi murid adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seluruh umat manusia di muka bumi.

Bagaimana dengan kondisi kita saat ini, menjadi murid-Nya bukanlah suatu program atau pilihan kegiatan rohani, menjadi murid dan memuridkan adalah kebutuhan kita sebagai anak-anakNya.

Kuasa untuk memuridkan telah diberikan kepada kita, mari kita gunakan kuasa ini untuk melaksanakan proyek besar dari Bapa.

Apapun yang kita butuhkan gunakanlah kuasa itu, apapun tantangan yang kita hadapi, hadapilah dengan kuasa itu, semuanya kita gunakan agar menjadikan segala bangsa menjadi murid Kristus dan mengajar mereka untuk melakukan segala sesuatu yang telah diperintahkan Yesus kepada kita.

Pembacaan Alkitab Berurutan :
Yehezkiel 18-20

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful