Suara Penatua Februari 2020

Pnt. Robin SMEMBANGUN RUMAH TUHAN

Penulis : Pnt. Robinson Saragih

I PETRUS 2:5 ”Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

Saudara yang kekasih, Yesus pernah berkata : “Dan Akupun berkata kepadamu : Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya (MATIUS 16:18). Yesus akan mendirikan Jemaat-Ku, Jemaat = Exclesia; sekelompok orang yang di panggil ke luar. Pada zaman itu kata exclesia sudah populer, karena exclesia sekelompok orang yang dikhususkan untuk membuat aturan di daerah itu. exclesia = parlement, orang-orang di DPR, sekelompok orang yang bekerja untuk menentukan nasib orang-orang yang diwakilinya. Exclesia = menentukan nasib satu kota. Sama seperti itulah seharusnya fungsi dari GEREJA.

YESUS yang membangun GEREJA dan alam maut tidak dapat bertahan terhadapnya. Yesus membangun Gereja yang selalu menekan pintu gerbang alam maut, sehingga pintu gerbang itu JEBOL dan semua tawanan alam maut dapat dibebaskan, Gereja berfungsi agar kerajaan alam maut dikosongkan dan membawa semua tawanan alam maut dibawa ke dalam TERANG TUHAN. Tuhan membangun Gereja-Nya dengan menggunakan batu-batu hidup yaitu sekelompok orang percaya, yang direkatkan untuk membangun rumah rohani, dengan dasar pengajaran nabi dan rasul-rasul dan Yesus Kristus sebagai Batu Penjuru (EFESUS 2:19-20).

RUMAH TUHAN = RUMAH ROHANI, tempat kediaman Allah di dalam Roh dan dari tempat mana nyanyian rohani akan diperdengarkan. Pujian penyembahan kepada Bapa yang Maha Kuasa (I PETRUS 2:5). Rumah ini dibangun di atas dasar yang sangat kuat yaitu KRISTUS. Bagi masing-masing individu dasar ini adalah SUATU PENGAKUAN ATAS KEMESIASAN DAN KETUHANAN KRISTUS, seseorang akan menjadi seorang murid Yesus yang sangat kuat jika kehidupannya dibangun di atas dasar pengakuan pribadi itu kepada YESUS KRISTUS sebagai JURU SELAMAT dan sebagai TUHAN. Jika individu ini percaya bahwa Yesus adalah Juruselamat dan Tuhan maka Yesus menjamin bahwa Alam Maut tidak akan dapat menguasainya. Bahkan kalau individu ini seorang yang aktif maka Yesus berjanji bahwa pintu gerbang alam maut tidak dapat bertahan terhadap serangan individu ini.

Rumah Rohani ini dibangun dari bebatuan yang hidup yang masing-masing individu juga terus bertumbuh membangun dirinya sendiri, pembangunan ini juga tidak terlepas kepada karya Roh Kudus yang sangat ingin dilibatkan untuk membangun tiap individu, pembangunan pribadi ini sangat diminati oleh Roh Allah yang ingin membangun tiap individu untuk menjadi serupa dengan Yesus Kristus. Tuhan mau setiap individu itu dibangun dengan KEBENARAN KRISTUS, sehingga memiliki PIKIRAN KRISTUS, memiliki PERASAAN KRISTUS dan KEMAUAN KRISTUS.

Untuk membangun pribadi yang serupa dengan Kristus maka sudah dipastikan SEMUANYA DI DASARKAN KEPADA FIRMAN ALLAH dan untuk ini maka peranan ALKITAB sebagai FIRMAN yang TERTULIS sangat besar. Kelompok Pemahaman Alkitab merupakan sarana yang sangat baik untuk membangun setiap individu, kehadiran seorang MENTOR atau PEMBIMBING atau Bapa Rohani sangat dibutuhkan untuk mengajarkan dan memahami Firman yang tertulis dan bagaimana Firman itu dikerjakan dan Firman itu menjadi kehidupan, atas bimbingan seorang MENTOR.

Seorang individu yang dibangun menjadi seorang pelaku Firman Tuhan setelah diajarkan kebenaran Firman Tuhan dan kebenaran itu dimengerti dan dipahami maka alangkah tepatnya kalau kebenaran itu ditaati, dikerjakan sesuai apa yang dikatakan oleh KEBENARAN itu.

YAKOBUS 1:22 ”Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku Firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.”

Dalam membangun diri sendiri untuk menjadi Rumah Rohani, perlu kita menyadari bahwa kita telah menerima KELIMPAHAN KASIH KARUNIA dan ANUGERAH yang memberi kita HIDUP dan KUASA yang menjadi kekuatan kita untuk mengasihi orang lain dan juga untuk saling mengasihi. KASIH ALLAH dalam YESUS KRISTUS merupakan dasar kita untuk saling mengasihi dan juga MENGASIHI JIWA-JIWA yang BELUM DISELAMATKAN. Pembangunan Rumah Rohani ini selalu di dasari, dikuatkan dan dibimbing oleh Firman Tuhan, yang merupakan kehendak Allah Bapa yang dinyatakan dalam wujud Yesus Kristus yang telah menjadi bukti KASIH ALLAH dan oleh KASIH ALLAH itu kita MEMBANGUN DIRI KITA MENJADI SERUPA dengan PRIBADI KRISTUS dan menyebabkan kita anggota jemaat KRISTUS menjadi BAIT ALLAH = RUMAH ROHANI yang disukai oleh Allah sehingga DIA BERDIAM DALAM GEREJA ini dalam rupa ROH KUDUS. HALELUYA, PUJI TUHAN, AMIN!

About the Author: Ervinna Graceful