Suara Penatua Maret 2020

Pnt. Robin SMENJADI PEMBANGUN YANG KUAT

Penulis : Pnt. Robinson Saragih

MATIUS 7:24-27 “Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu. Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”

Saudara jemaat Tuhan yang kekasih, dari ayat firman Tuhan di atas kita bisa belajar bagaimana kita bisa membangun diri kita supaya hidup kita menjadi bangunan yang kuat dan menjadi tempat kediaman Allah dalam Roh. Ketika seseorang yang mendengar perkataan atau firman Tuhan dan dia melakukan kebenaran tersebut maka orang ini menjadi seorang yang bijaksana yang membangun hidupnya menjadi bangunan yang kokoh dan kuat karena membangun di atas dasar yang kuat yaitu BATU KARANG. Sehingga ketika hujan turun dan badai melanda bangunan itu, bangunan itu TIDAK ROBOH karena bangunan itu dibangun di atas BATU KARANG YANG KOKOH, yaitu karena FIRMAN TUHAN atau KRISTUS sebagai dasar dari bangunan yang sedang dibangun di atasnya menjadi satu RUMAH ROHANI di mana ROH KUDUS tinggal di dalamnya (MATIUS 16:18, EFESUS 2:20-22).

Sebagai pelaku firman, seseorang yang percaya kepada Yesus Kristus dan seseorang yang sudah lahir baru dan telah mengalami kelahiran baru merupakan seseorang yang bisa membangun rumah rohani dengan baik, sehingga rumah yang dibangun menjadi rumah rohani yang kuat, kokoh dan menjadi tempat bagi persembahan rohani dapat dipersembahkan kepada Tuhan dan persembahannya menjadi persembahan yang menyenangkan Tuhan (I PETRUS 2:5, 9-10).

Sebagai pembangun rumah rohani, maka mereka seharusnya menjadi orang-orang yang kuat untuk bisa membangun, sebagai pembangun sangat penting mereka seharusnya mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan untuk mereka mengetahui kehendak Allah yang rumah-Nya mau kita bangun. Perlu kita mengetahui apa yang Tuhan kehendaki dengan rumah yang hendak dibangun itu? Seorang yang hendak membangun rumah rohani dan rumah itu menjadi tempat kediaman Tuhan di dalam Roh, maka sangat perlu sekali orang itu bisa hidup berkemenangan supaya ketika membangun dia tidak mudah putus asa dalam menghadapi berbagai kesulitan dalam membangun rumah itu. Akan ada berbagai kesulitan dan berbagai persoalan dalam membangun rumah rohani itu. Sangat perlu sekali dalam membangun rumah rohani ini, kita sudah sepatutnya untuk hidup bergantung kepada Tuhan, dan selalu bergantung dan mempercayai Tuhan, karena dalam membangun rumah rohani ini, ada banyak persoalan yang meminta harga yang mahal yang harus dikorbankan, selain waktu, bisa harta dan air mata, namun bagi mereka yang bergantung kepada Tuhan, sudah mengerti bahwa Tuhan sudah menyediakan dan Dialah sumber segala sesuatu yang seharusnya diadakan sebagai bahan untuk membangun rumah rohani itu (EFESUS 1:2-4).

Sebagai seorang yang hendak membangun rumah rohani untuk tempat kediaman Allah di dalam Roh, sangat memerlukan biaya dan Tuhan sudah menyediakan semua kebutuhan itu melalui REJEKI yang Tuhan limpahkan kepada pembangun itu. Kalaulah dia adalah seorang yang mencintai uang dan masih merasa kekurangan maka dia akan menemui kesulitan, karena REJEKI yang Tuhan sediakan, sudah merupakan bagian dari biaya membangun rumah rohani yang Tuhan inginkan itu. Cinta akan uang merupakan satu sifat manusia yang bermental miskin dan selalu tidak pernah puas dan terus merasakan kekurangan. Sehingga sering kita temui adanya bangunan yang terbengkalai oleh karena tidak memiliki harta yang memadai untuk digunakan untuk membiayai rumah rohani yang sepatutnya kita dirikan. Tuhan mau supaya kita menyadari bahwa Dialah sumber dari segala YANG BAIK, yang Tuhan sediakan bagi kita yang terlibat dalam PEMBANGUNAN BAIT ALLAH, RUMAH ROHANI di mana ROH ALLAH hadir sebagai ROH KUDUS. Seorang yang membangun rumah rohani, seharusnya menyadari suatu prinsip yang penting dalam berjalan dengan Tuhan yaitu :

– IBRANI 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba UANG dan cukupkanlah dirimu dengan APA YANG ADA PADAMU. Karena ALLAH telah berfirman : ”AKU SEKALI-KALI TIDAK AKAN MEMBIARKAN ENGKAU DAN AKU SEKALI-KALI TIDAK AKAN MENINGGALKAN ENGKAU”.

– EFESUS 1:3 Terpujilah ALLAH dan BAPA TUHAN kita YESUS KRISTUS yang dalam KRISTUS telah mengaruniakan kepada kita SEGALA BERKAT ROHANI di dalam SORGA.

Tuhan sudah menyediakan segala KEBUTUHAN KITA, maaf ya! Dia menyediakan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan! Dan DIA sudah menyediakan segala-galanya yang kita butuhkan yaitu yang kita perlukan untuk dapat membangun rumah rohani dengan melayani orang-orang yang TUHAN serahkan untuk kita BANGUN dan kita ARAHKAN KEPADA APA YANG BAPA INGINKAN untuk menjadi TEMPAT KEDIAMAN ALLAH DI DALAM ROH. Segala kebutuhan dalam melayani atau MEMBANGUN itu di dalam KRISTUS, TUHAN telah sediakan, PENGURAPAN, DANA UNTUK MEMBIAYAI semua pelayanan, BELAS KASIHAN BAPA yang memotivasi kita juga diberikan kepada kita, sehingga kita mendapat KUASA atau KEMAMPUAN dalam MEMBANGUN RUMAH ROHANI itu. AMIN HALELUYA!

About the Author: Ervinna Graceful