• Our Church Our Home
  • Visi
  • MISI
  • NILAI-NILAI

YAKOBUS 4:2-3 TIDAK BERDOA ATAU SALAH BERDOA

Pnt. Robinson Saragih

Pnt. Robinson Saragih

YAKOBUS 4:23: Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh, kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Saudara yang kekasih, ketika seseorang menginginkan sesuatu dan dia tidak mendapatkan keinginannya, maka sering orang kesal, marah atau kecewa. Jika dia menyadari bahwa ada seseorang yang menurutnya sebagai penghalang dari keinginannya atau seseorang yang menyebabkan dia tidak menerima  apa yang diinginkannya, maka dia bisa marah dan Alkitab mengatakan membunuh orang yang menjadi penghalang keinginannya itu, membunuh  dalam arti rohani MEMBENCI (MARAH) yang menimbulkan dendam atau dengki. Menurut Yesus kemarahan disertai kedengkian dan kebencian adalah sama dengan membunuh.

Disadari atau tidak, penyebab dari seseorang tidak mendapatkan apa yang dia inginkan adalah dia tidak berdoa, ataupun kalau dia berdoa maka dia salah berdoa, karena dia ingin memuaskan hawa nafsu dengan keinginannya itu, itulah sebab dia tidak beroleh apa yang diinginkan, apa yang dicita-citakan atau diidam-idamkan.

Saudara, Yakobus katakan bahwa penyebabnya adalah tidak berdoa, dan memang kalau kita tidak berdoa, maka tidak ada alasan untuk kita berharap mengenai keinginan kita atau cita-cita kita. Hal yang wajar orang berkata di mana ada kemauan maka di situ akan ada jalan, karena lewat doa maka seseorang akan menerima wawasan atau pencerahan bagaimana keinginannya itu akan didapat; lewat doa akan ada petunjuk agar usaha yang dilakukan akan berhasil. Dan melalui doa anak-anak Tuhan akan mendapat arahan Tuhan untuk mewujudkan cita-citanya, dan lewat doanya Tuhan menjawab dengan menggerakkan orang untuk menolong dia untuik memenuhi keinginan hatinya. Akan ada jalan untuk mendapatkan keinginan hatinya. Tuhan akan buka jalan agar cita-citanya berhasil.

Tidak beroleh apa-apa karena tidak berdoa merupakan suatu kebenaran yang Yakobus tuliskan berdasarkan pencerahan dari Roh Kudus, suatu kebenaran yang perlu jemaat mengerti, maka sangat perlu sekali agar anak-anak Tuhan berdoa, untuk menyatakan keinginannya kepada Bapa di sorga. Mintalah maka engkau akan diberi, carilah maka engkau akan mendapat dan ketuklah maka pintu akan di bukakan.  Suatu prinsip kebenaran supaya kita meminta kepada Bapa melalui doa. Namun Yakobus juga mengatakan bahwa mungkin juga sudah berdoa tapi  SALAH BERDOA, karena yang kita minta adalah untuk memuaskan hawa nafsu kita. Permintaan yang akan dipakai sebagai PEMUAS NAFSU, nah hal ini merupakan penyebab doa kita tidak dikabulkan, karena jika dikabulkan maka kita akan merusak hidup kita. Hidup kita akan berjalan dengan memuaskan hawa nafsu kita. Tuhan tidak menginginkan kita hidup dengan memuaskan hawa nafsu kita. Hawa nafsu berbicara suatu hal yang tidak baik, kita akan mengikuti keinginan yang berdosa. Tuhan mau supaya kita tidak terikat dengan hawa nafsu, hawa nafsu sama dengan penyembahan berhala. Tuhan mau supaya kita tidak dikuasai oleh hawa nafsu, tapi supaya kita dikuasai oleh KEINGINAN  ALLAH BAPA KITA, yang dinyatakan-Nya dengan firman-Nya dan pimpinan Roh Kudus.

Saudara, mungkin juga kita selalu berdoa, namun kita berdoa dengan kebimbangan, maka kita juga tidak akan dapatkan apa yang kita minta dengan doa yang bimbang. Hal ini tergolong dengan salah berdoa, berdoa dengan kebimbangan, doa dengan kekuatiran dan ketakutan. Seharusnya kita berdoa dengan tidak bimbang, berdoa dengan IMAN, sehingga doa kita berkuasa. Seharusnyalah kita berdoa dengan yakin, maka seperti yang Rasul Yakobus katakan: Doa orang benar bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya.

Oleh karena itu saudara-saudara, nyatakanlah SEGALA KEINGINAN hatimu kepada Allah Bapamu dalam doa dan permohonan dengan PENGUCAPAN SYUKUR, supaya doamu terkabul dan Tuhan mengarahkanmu bagaimana untuk mencapai cita-cita atau keingnanmu itu. Haleluya, amin.

Read More