Author Archives: oloan

PENCURAHAN ROH KUDUS

Pnt. Leonardo Mangunsong

Janji Tuhan bahwa Ia akan mencurahkan Roh Kudus-Nya telah dikatakan pada zaman Nabi Yoel: Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu. (Yoel 2:28-29).

Dan apa yang Tuhan janjikan itu digenapi di zaman Kisah Para Rasul, di mana sebelumnya Yesus sudah menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Dia akan mencurahkan Roh Kudus-Nya kepada murid-murid-Nya dan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya.

Sebelum Yesus naik ke sorga dan setelah Yesus dibangkitkan dari kubur, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya bahwa Roh Kudus akan dicurahkan sebagai penggenapan janji Bapa.

Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang — demikian kata-Nya — “telah kamu dengar dari pada-Ku.Read more