Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Renungan Taat, 10 Maret 2019

BL NewYESUS MENEBUS, MEMULIHKAN DAN MEMURIDKAN

Oleh : Pnt. Leonardo Mangunsong

Tuhan Allah menjanjikan penebusan terhadap umat manusia yang sudah jatuh dalam dosa melalui Yesus Kristus. Manusia dilepaskan dari ikatan dosa dan tawanan kerajaan maut.

Kejadian 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

1 Korintus 15:55-57 Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?” Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Ketika kita percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Raja, maka kita ditebus olehNya dan diangkat menjadi anakNya.

Rencana Tuhan bukan hanya menebus hidup kita tetapi juga memulihkan hidup kita agar hidup kita menjadi segambar dan serupa dengan Kristus. Di mana dahulu kita dimiliki oleh kerajaan dunia ini dan sekarang kita dimiliki oleh Kerajaan Surga.

Kisah Para Rasul 3:21 Kristus itu harus tinggal di surga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.

Pemulihan itu terus terjadi sampai rencana semua dari Tuhan yaitu manusia diciptakan segambar, serupa dengan Allah dan berkuasa atas ikan-ikan di laut, burung-burung di udara dan atas segala binatang merayap di bumi dapat memenuhi bumi ini, dan hal itu terjadi di mana kita memiliki benih Kerajaan yaitu Yesus Kristus dan memiliki karakter dan gaya hidup Kerajaan Allah. Itulah sebabnya Yesus memanggil murid-muridNya, mengajar dan melatihnya agar Kerajaan Allah dan kehendak Allah jadi di muka bumi melalui murid-muridNya.

Matius 4:17-22 Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: “Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!”Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

Lukas 6:12-16 Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul:Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.

Matius 6:9-10 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di surga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga.

Yesus memanggil, mengajar dan melatih murid-muridNya agar mereka memiliki juga benih Kerajaan Surga dan benih itu tumbuh dan berbuah bukan hanya 30 kali lipat dan 60 kali lipat tetapi sampai 100 kali lipat.

Matius 13:19,23 Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Surga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan. Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.”

Murid-murid Yesus bertumbuh dan berbuah memiliki pola pikir dan gaya hidup Kerajaan Surga karena mereka menerima benih Kerajaan Surga yaitu Firman tentang Kerajaan Surga. Itulah sebabnya Yesus mengutus murid-muridNya untuk membawa Kerajaan Surga dan pesan Yesus sebelum Dia naik ke Surga adalah agar mereka semua menjadikan segala bangsa murid Yesus.

Matius 10:7-8 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Surga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Matius 28:19-20 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Kita harus meneladani Yesus dan menyelesaikan pekerjaanNya di muka bumi yaitu membawa KerajaanNya melalui pemuridan. Kita harus dimiliki dan memiliki KerajaanNya yaitu berpusatkan hidup kepada Yesus, memiliki pola pikir dan gaya hidup serta karakter Kerajaan Surga.

Itulah sebabnya kita harus dimuridkan supaya menerima benih dari Firman tentang Kerajaan Allah dan pada akhirnya kita memuridkan bangsa-bangsa sampai kita dan bangsa ini mengalami kesempurnaan dengan Kristus.

About the Author: Ervinna Graceful