Renungan, 6 Januari 2019

BL NewKERAJAAN ALLAH ADA DI ANTARA KAMU

Oleh : Pnt. Leonardo Mangunsong

Ketika Yesus datang ke dunia Dia membawa pesan bahwa, “Bertobatlah sebab Kerajaan Surga sudah dekat“ dan memang tujuan Yesus ke dunia adalah untuk membawa Kerajaan Allah.

Lukas 4:43; Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus”.

Yang dimaksud dengan Kerajaan Allah adalah pemerintahan Allah di mana Allah memerintah di atas seluruh dunia ini berbeda dengan surga di mana surga adalah tempat yang Bapa sediakan bagi orang yang percaya kepadaNya setelah kita dipanggil pulang ke rumah Bapa.

Yohanes 14:1-4; “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ”.

Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, hal-hal yang tidak kekal tetapi hal-hal yang pasti dan kekal adanya.

Roma 14:17; Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

Kerajaan Allah adalah untuk hal-hal yang kekal karena ini berbicara tentang pemerintahan Allah yang berpusatkan kepada Kristus dan kehadiranNya.

Daniel 4:3; Betapa besarnya tanda-tanda-Nya dan betapa hebatnya mujizat-mujizat-Nya! Kerajaan-Nya adalah kerajaan yang kekal dan pemerintahan-Nya turun-temurun!

Itulah sebabnya dikatakan bahwa Kerajaan Allah adalah tentang Kuasa Allah dengan segala pemerintahan dan otoriasnya.

I Korintus 4:30; Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa.

Tuhan yesus membawa Kerajaan Allah di dunia ini dan Dia ingin agar kita juga membawa Kerajaan Allah ketika kita menjadi orang-orang yang memiliki Keraajan Allah. Hal tersebut terjadi ketika kita mengalami proses sedemikian rupa :

  1. Mengalami kelahiran kembali karena percaya dan menerima Yesus sebagai juru selamat kita, pemilik hidup kita. Yohanes 3:3; Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah”. Namun kelahiran kembali hanya membuat kita melihat Kerajaan Allah itulah sebabnya Tuhan ingin agar kita masuk Kerajan Allah.
  2. Masuk Kerajaan Allah ketika kita hidup hanya untuk melakukan kehendak Allah. Matius 7:21; Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Surga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di Surga.
  3. Kita harus masuk Kerajaan Allah ketika kita dimilki dan memilki Kerajaan Allah di mana hidup kita mengalami perubahan, di mana kepemilikan Allah dalam hidup kita sungguh nyata. 1 Korintus 6:9-11; Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.

Jadi perubahan hidup dari kehidupan yang dimiliki oleh dunia ini dan keegoisan kita menjadi hidup yang dimiliki oleh Tuhan dan berpusatkan Kristus sehingga hidup kita benar-benar dimiliki oleh pemerintahan Allah, maka kita disebutkan sebagai orang-orang yang memiliki Kerajaan Allah. Sehingga hidup kita dapat menghadirkan Kerajaan Allah dan menjawab kerinduan Tuhan melalui doa Bapa kami, ”Datanglah Kerajaan Mu, jadilah kehendak-Mu di Bumi seperti di Surga”.

Tuhan ingin agar kita memiliki Kerajaan Allah dan membawa Kerajaan Allah. Pemerintahan Allah kita dibawa ke dunia ini karena Allah sudah memerintah dalam hidup kita sehingga dikatakan bahwa Kerajaan Allah ada di antara kamu. Marilah kita senntiasa hidup berpusatkan kepada Yesus dan membiarkan Dia dan KerajaanNya memerintah atas kita.

Lukas 17:21; juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu.”

About the Author: Ervinna Graceful