Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Category Archives: Topik Mingguan

Renungan Taat, 17 Maret 2019

BRCIRI-CIRI MURID YESUS

Oleh : Pnt. Robinson Saragih

YOHANES 8:30-32; Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya. Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

Saudara yang kekasih, ayat-ayat ini menceritakan kepada kita bahwa ternyata tidak semua orang PERCAYA bisa disebut MURID-MURID YESUS. Murid Yesus adalah orang-orang percaya yang senantiasa hidup dalam firman Tuhan. Dan ternyata YESUS berkali-kali mengatakan berbagai keadaan sebagai ciri-ciri murid-Nya. Yesus juga pernah berkata dalam :

YOHANES 8:35; Dan hamba tidak tetap tinggal dalam rumah, tetapi anak tetap tinggal dalam rumah.

Allah adalah Kasih, maka semua pengikut-Nya sepatutnya memiliki sifat yang selalu MENGASIHI. Dan MURID-MURID YESUS memiliki sifat MENGASIHI itu, dan murid-murid Yesus memiliki sifat ini dan sifat ini menjadi TANDA-TANDA utama murid-murid YESUS yang SEJATI, jika seseorang mengaku orang percaya namun tidak bisa mengasihi saudaranya, ataupun orang-orang yang di sekitarnya bahkan orang yang memusuhi dia, maka Yesus katakan mereka bukan murid-Nya, karena murid Yesus akan hidup seperti Dia, yang tetap mengasihi sekali pun Dia di sakiti dan Dia mengampuni dan mengasihi orang-orang yang memusuhi Diri-Nya. Dalam hal lain Yesus juga pernah berkata yang merupakan tanda murid-murid Yesus adalah :

YOHANES 15:8; Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”

Jelas Tuhan mengatakan bahwa seorang murid berbuah banyak dan buah yang dimintakan adalah buah kekal yaitu buah kekal yang lebat. Buah apakah buah ini? Apa yang kekal? Alkitab mengatakan yang kekal adalah KASIH, FIRMAN ALLAH dan JIWA ORANG. Dalam hal ini, apakah buah yang kekal ini? Dalam konteks, ini berbicara buah mengenai JIWA ORANG, berarti ini berbicara HASIL PEMURIDAN yang menghasilkan jiwa-jiwa yang tidak gugur, Jiwa-jiwa yang dapat dibawa kepada kekekalan, atau membawa banyak orang ke sorga. Murid-murid YESUS memuliakan BAPA dengan MEMBAWA banyak JIWA ke sorga. Bagaimana ini dapat dilakukan? Hal ini dapat dilakukan dengan melaksanakan AMANAT AGUNG KRISTUS.

TUHAN YESUS telah mendelegasikan tugas untuk MEMURIDKAN DUNIA ini kepada GEREJA-NYA. AMANAT AGUNG telah diperintahkan kepada GEREJA. Lima kitab menulis PERINTAH ini, jelas ini adalah PERINTAH YANG SANGAT PENTING. Karena itu Yesus katakan bahwa melaksanakan perintah ini MEMULIAKAN BAPA. Dan pelaksana perintah ini disebut oleh Yesus KAMU adalah MURID-KU.

Mengapa disebut MURID YESUS? Murid YESUS adalah orang-orang percaya yang memiliki PIKIRAN, PERASAAN dan KEMAUAN KRISTUS.

FILIPI 2:5-7; Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Pengikut-pengikut YESUS adalah yang memiliki PIKIRAN KRISTUS, PERASAAN KRISTUS dan KEMAUAN KRISTUS. Keinginan Kristus adalah keinginan Bapa-Nya, jadi semua pengikut Yesus sebenarnya adalah MURID-MURID-NYA namun, banyak PENGIKUT atau ORANG PERCAYA KEPADA-NYA bukanlah murid-murid SEJATI KRISTUS. John Bevere mengatakan dalam bukunya MURID-MURID PALSU, atau judul aslinya PSEUDO DISCIPLE. Siapakah orang-orang yang disebut MURID-MURID PALSU ini? Mereka yang hari ini ada di dalam gereja Kristen. Namun kehidupan mereka tidak memperlihatkan tanda-tanda seorang murid KRISTUS.

Orang yang percaya kepada Yesus namun dalam kehidupan sehari-harinya tidak memperlihatkan kesamaan dengan YESUS, mereka hidup penuh dengan KEDAGINGAN, sehingga tidak jauh berbeda dengan orang-orang yang tidak percaya.

GALATIA 5:19-21; Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Banyak orang Kristen yang melakukan hal-hal ini, merekalah yang disebut oleh John Bevere murid-murid KRISTUS yang PALSU. Mereka adalah orang-orang yang sedang JATUH atau simpatisan KRISTUS yang datang ke GEREJA, namun sama sekali mereka tidak bertumbuh, atau juga mereka adalah orang Kristen baru yang baru percaya dan baru berada di GEREJA. Namun tidak dapat di sembunyikan kadang kala ada orang yang sudah lama ikut KRISTUS tapi masih banyak TANDA-TANDA manusia DAGING itu masih menguasai dirinya.

Itulah sebabnya Paulus pernah berpesan bahwa hendaknya, orang-orang yang PERCAYA dan sudah lahir baru bisa HIDUP OLEH ROH dan mereka juga HIDUP DIPIMPIN OLEH ROH supaya oleh ROH KUDUS mereka mengalami PEMULIHAN dalam kehidupan mereka sehingga dengan seiring waktu mereka bertumbuh dan dan hidup mereka juga mengalami perubahan oleh PEMBAHARUAN BUDI mereka.

GALATIA 5:25; Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh

Ketika seorang manusia rohani yaitu orang yang percaya kepada Yesus dengan sepenuh hatinya dan mereka sungguh-sungguh hidup dalam bergantung kepada Tuhan. Maka Roh Kudus akan memulihkan dia dan mengajari dia hidup oleh Roh dan mendorong dia hidup dipimpin oleh Roh Kudus. Dalam PEMURIDAN hal ini yang seharusnya menjadi TARGET dalam memuridkan orang-orang yang percaya yang kita layani, sehingga kita bisa melihat ada orang-orang percaya yang memiliki BUAH ROH dalam hidupnya dan buah ROH adalah merupakan TANDA SPESIFIK dari seorang MURID YESUS disertai dengan BERBUAH BANYAK maka akan MULIALAH NAMA ALLAH BAPA di dalam YESUS KRISTUS yang menghasilkan MURID-MURID KRISTUS YANG SEJATI.

GALATIA 5:22-23; Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Ciri utama murid YESUS adalah saling mengasihi, berbuah banyak dalam hal jiwa orang juga buah ROH. Ketika seorang percaya hidup dengan BUAH ROH dan BERBUAH JIWA yang banyak, maka dapat dipastikan orang-orang ini adalah murid-murid YESUS, dan diajarkan oleh YESUS semua ini merupakan HASIL dari PELAKSANAAN AMANAT AGUNG KRISTUS yaitu PEMURIDAN.

Saudara, mari terlibat dalam memuridkan bangsa-bangsa dan untuk itu, BERI DIRIMU di MURIDKAN supaya saudara memiliki kemampuan MEMURIDKAN ORANG LAIN. RENDAHKAN DIRIMU dan jadilah LEMAH LEMBUT supaya ROH KUDUS dapat dengan mudah MEMBENTUK DIRIMU menjadi SERUPA dan SEGAMBAR dengan ALLAH melalui PEMURIDAN. Haleluya, Puji Tuhan. AMIN.