Kamis, 9 September 2021

D1. Dibaca

1 KORINTUS 3:19-23  

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

D2. Direnungkan

  1. Apakah seseorang layak untuk membanggakan hikmat yang dia miliki?
  2. Apakah ada hal lain yang bisa kita banggakan?

D3. Diterapkan

Kristus adalah milik Allah, selama Dia ada di bumi, Dia adalah utusan Allah Bapa.

”Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.” (Yohanes 6:38) 

Lalu bagaimana dengan kita, umat yang telah ditebus?

Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah. (I Korintus 3:23)

Kita yang berdosa tetapi oleh anugerah Allah, kita beroleh anugerah keselamatan, saat ini kita adalah milik Kristus.

Sehingga sepatutnyalah kita hidup dengan kesadaran untuk selalu mau mendengar Pemilik dari hidup kita ini.

Fakta iman bahwa ”kita adalah milik Kristus”, ini bukan hanya berbicara tentang anugerah Allah bagi kita yang adalah miliknya, tetapi juga konsekuensi dan tanggung jawab kita sebagai milik Kristus.

Seandainya kita beruntung sehingga lahir dari keluarga bangsawan, maka selayaknya kita akan menjaga kehormatan orangtua kita dan juga statusnya.

Atau misalnya kita adalah diplomat yang ditempatkan di negara lain, maka selayaknya kita juga akan menghormati dan menjaga nama baik negara Indonesia, dan akan berperilaku selayaknya seorang diplomat yang terhormat.

Saat ini bagi orang percaya, status rohani kita adalah ”milik Kristus”, dengan demikan selayaknya lah kita hidup dengan penuh hormat kepada Kristus, yang diwujudkan dengan ketaatan dan kesetiaan kita kepada Tuhan dan Firman-Nya.

Seorang diplomat terlebih seorang duta besar, dia patut berlaku tanpa cacat di negara dimana dia ditempatkan, agar masyarakat di negara tersebut akan menghormati bangsa dan negara asal duta besar tersebut.

Terlebih kita sebagai duta bagi dunia ini, patutlah kita berperilaku yang mencerminkan kemuliaan Kristus, agar dunia tahu bahwa kita adalah milik Kristus.

D4. Diskusikan

Saudara, dalam kelompok pemuridan, diskusikan tentang hak dan tanggungjawab kita sebagai milik Kristus dan sekaligus juga: duta Kristus bagi dunia.

Pembacaan Alkitab Berurutan :
Yehezkiel 31-33

Penulis : Pramadya Wisnu
Editor : Ervinna Graceful