RABU, 1 SEPTEMBER 2021                                         

D1. Dibaca

2 TIMOTIUS 2:1-5

Bacalah bagian firman ini utuh dalam perikopnya berulang-ulang supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan menangkap arti yang dikandungnya.

D2. Direnungkan

  1. Apa yang menyebabkan kita menjadi kuat?
  2. Apa yang harus dipercayakan kepada orang-orang yang dapat dipercayai?
  3. Sebagai prajurit yang baik dari Kristus Yesus apakah kita siap menderita?
  4. Mengapa prajurit yang baik tidak memusingkan dirinya dengan soal penghidupan?

D3. Diterapkan 

Menjadi murid Kristus adalah suatu kehormatan bagi kita, sama seperti Yesus pada waktu memilih murid-muridNya demikian juga Dia tidak sembarangan menetapkan kita sebagai murid-muridNya untuk melakasanakan Amanat AgungNya.

“Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.”

Dari ayat ini ada 2 kata kunci yang perlu kita perhatikan yaitu : dapat dipercayai dan cakap mengajar orang lain.

Saudara, kita adalah orang-orang yang dipandang Tuhan oleh kasih karuniaNya sebagai orang yang dapat dipercayai untuk mengajar orang lain menjadi murid Kristus.

Menjadi murid Kristus berarti juga siap untuk mempercayakan apa yang telah diajarkan Tuhan kepada kita kepada orang lain yang dapat dipercaya.

Menjadi murid Kristus tidak hanya sekedar menjadi pendengar selama bertahun-tahun dari pembimbing kita tanpa punya kerinduan untuk mempercayakan apa yang kita pelajari.

Ingatlah bahwa kita sebagai murid-murid Kristus oleh kasih karuniaNya diberi kekuatan untuk menghadapi segala tantangan termasuk tantangan melawan keengganan memuridkan karena merasa tidak mampu atau tidak punya waktu.  

Bagaimana dengan kondisi kita saat ini, apakah kita telah dimuridkan?

Bila belum berdoalah dan minta gembala untuk mendapatkan pembimbing/kakak rohani yang dapat menolong kita bertumbuh mengenal Tuhan.

Apabila kita sudah dimuridkan apakah kita sudah memuridkan orang lain sehingga menggenapi apa yang Yesus amanatkan?

Bila belum berdoalah dan beritakan injil kepada orang-orang di sekitar kita atau keluarga terdekat, ajaklah mereka untuk belajar Firman Tuhan dalam kelompok pemuridan agar orang-orang ini bertumbuh dalam pengenalan yang benar kepada Tuhan.

Apabila kita sudah punya orang-orang yang dimuridkan apakah sudah sampai pada generasi ke empat?

Artinya orang-orang yang kita muridkan memiliki murid yang sudah memilki murid-murid juga.

Memiliki murid adalah anugerah yang Tuhan percayakan sama seperti kita menjadi muridNya oleh sebab itu mari kita menjadi murid-murid Kristus yang dapat dipercayai untuk menggenapi amanatNya.

Kita bisa memberitakan injil ke seluruh dunia dimulai dengan memuridkan orang-orang terdekat yang tidak kebetulan ada di sekitar kita seperti keluarga, teman sekolah (adik kelas), teman kuliah, rekan-rekan kerja di kantor atau mungkin juga tetangga di sekitar rumah kita.

D4. Didiskusikan

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Berurutan :
Yehezkiel 9-12

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful