TUHAN MEMILIH KITA MENJADI JEMAAT-NYA (EFESUS 1:4–6)

Pnt. Robinson Saragih

Pnt. Robinson Saragih

EFESUS 1:4–6: Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.

Saudara yang saya kasihi dalam Kristus, pada minggu pertama di penghujung tahun ini, saya ingin mengajak seluruh jemaat untuk mengucapkan syukur kepada Allah Bapa kita, yang dengan bersungguh hati telah mengaruniakan Anak tunggal-Nya, Yesus Kristus yang datang ke dunia pada MALAM NATAL yang pertama untuk menjadi JURUSELAMAT bagi kita, dan oleh Dia maka DOSA DUNIA ini ditebus dan diselesaikan-Nya di atas kayu SALIB.
Oleh kemurahan Tuhan itu maka Dia menetapkan suatu ketentuan bahwa: ”Barangsiapa percaya kepada Yesus Kristus, dia TIDAK AKAN BINASA melainkan beroleh HIDUP YANG KEKAL.” Dan oleh kemurahan-Nya maka kita percaya kepada Yesus. SIAPA yang bisa PERCAYA kepada Yesus? Yesus berkata, hanya karena PERNYATAAN BAPA kepada seseorang maka orang itu akan percaya bahwa Yesus adalah MESIAS (MATIUS 16:17). Bapa yang menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias dan siapa yang meresponi berita itu, maka dia akan diselamatkan. Bersyukur kepada Bapa, Dialah yang menyatakan itu kepada kita, sehingga kita percaya bahwa Yesus Mesias dan kita diselamatkan. Yesus juga berkata kepada murid-murid-Nya, bahwa bukan murid yang memilih Yesus, akan tetapi Yesuslah yang memilih murid-murid-Nya.
Jadi inilah waktunya kita bersyukur, karena Tuhan TELAH MEMILIH KITA. Namun Rasul Paulus berkata: kita ini buatan Allah, diciptakan di dalam Kristus Yesus untuk MELAKUKAN pekerjaan BAIK, yang DIPERSIAPKAN ALLAH sebelumnya. IA MAU supaya KITA HIDUP di dalamnya. Kita patut bersyukur karena Tuhan yang ingin agar kita hidup dalam suatu pekerjaan baik yang Tuhan TELAH PERSIAPKAN. Tuhan telah mempersiapkan suatu pekerjaan bagi masing-masing kita, masing-masing keluarga kita dan juga bagi GEREJA KITA. TUHAN mau supaya kita mengambil bagian dalam proyek-Nya pada akhir zaman ini. Proyek besar Tuhan yang telah Dia KEHENDAKI SEJAK SEMULA, sejak sebelum dunia dibentuk dan yang menyebabkan dunia dibentuk, yaitu KERAJAAN SERIBU TAHUN = KERAJAAN ALLAH di muka bumi ini. Jadi patutlah kita bersyukur dan juga melihat kepada proyek-Nya yang sedang Dia kerjakan. Bersyukur karena Dia telah memilih dan mengajak kita untuk mengerjakan proyek-Nya itu.
TUHAN juga menginginkan supaya semua orang masuk dan terlibat dalam proyek-Nya itu. Dia mau supaya semua bangsa (ethne) etnis, menjadi murid Yesus Kristus. Oleh karena itu, marilah kita juga bersyukur karena Dia memilih kita untuk terlibat dalam pelaksanaan Amanat Agung Kristus.
Saudara, apakah kita tidak bangga Raja Sorga itu telah memilih kita menjadi anak-Nya dan melalui kita Dia mau supaya orang lain bisa menjadi murid-Nya? AMANAT AGUNG adalah SYUKUR dan KEHORMATAN bagi ORANG YANG MENDAPATKAN KEMURAHAN TUHAN. Karena kemurahan-Nya semata-mata kita TELAH DISELAMATKAN, oleh karena itu PATUTLAH juga orang-orang, saudara-saudara, teman-teman, kolega dan atasan maupun bawahan kita BEROLEH KEMURAHAN yang sama, yang TUHAN ANUGERAHKAN kepada siapapun yang mau percaya kepada berita Injil.
YOHANES 3:16: Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

EFESUS 2:8–9: Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

ROMA 10:10: Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

ROMA 10 : 13 -14 : Sebab, BARANGSIAPA yang BERSERU kepada NAMA TUHAN, akan diselamatkan. Tetapi bagaimana mereka DAPAT BERSERU KEPADA-NYA, jika mereka TIDAK PERCAYA kepada DIA? Bagaimana mereka DAPAT PERCAYA kepada Dia, jika mereka tidak MENDENGAR tentang Dia. Bagaimana mereka MENDENGAR tentang Dia, jika TIDAK ADA yang MEMBERITAKAN-NYA?

Saudara, syukurlah kalau Saudara juga dipilih untuk menjadi anak-anak Allah Yang Mahakudus sehingga Anda dikuduskan-Nya melalui darah Anak-Nya Yesus Kristus dan Dia juga MENETAPKAN ANDA untuk menjadi murid, dan Dia ingin agar kita juga turut memberitakan pengalaman kita menjadi murid Tuhan, supaya orang-orang di sekitar kita juga bisa menjadi murid-Nya.
Banyak orang menantikan berita KABAR BAIK yaitu INJIL KERAJAAN ALLAH yang berkuasa untuk menyelamatkan SETIAP orang yang PERCAYA kepada KABAR BAIK itu. Tuhan mau supaya semua ethne dapat mendengar berita kabar baik dan mereka percaya, sehingga mereka bisa berseru kepada nama TUHAN dan mereka juga beroleh SELAMAT.
Mari kita bersyukur dengan memberitakan kabar baik kepada dunia ini, bahwa ada Allah yang baik, yaitu Yesus Kristus. Haleluya, amin.

 

Oleh: Pdt. Robinson Saragih

About the Author: oloan