Suara Penatua Maret 2021

Judul

YOHANES 3:16-17 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang  yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Saudara yang kekasih di dalam Kristus, ayat firman Tuhan ini sudah menjadi ayat-ayat yang favorit dan banyak orang percaya hafal ayat ini, ketika anak-anak sekolah minggu merayakan hari natal, sering sekali mereka mengutip ayat ini sebagai ayat-ayat yang harus dihafalkan.

Firman Tuhan ini menceritakan bagaimana KASIH ALLAH itu sangat begitu besar terhadap dunia yang berdosa yang sedang lenyap ini. TUHAN ALLAH mengutus Anak tunggal-Nya dengan tujuan untuk menyelamatkan anak-anak manusia yang sedang tertawan oleh Kerajaan maut yang mengikat anak-anak manusia dengan belenggu dosa.

EFESUS 1:4-5 Sebab di dalam Dia, Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya.

Rasul Paulus oleh ilham Roh Kudus menuliskan betapa mulia-Nya kasih Bapa yang sebelum dunia dijadikan sudah memilih Yesus Kristus sebagai jalan keluar dari MASALAH DOSA yang akan mengikat manusia, dan dengan jelas bahwa RENCANA PENEBUSAN bahkan RENCANA PEMULIHAN manusia telah di rencanakan oleh Allah Bapa. Dan sejak dunia dijadikan Dia sudah memilih YESUS KRISTUS Putra tunggal-Nya yang akan melaksanakan PENEBUSAN DOSA itu dengan PENGORBANAN PUTRA-NYA, dengan tujuan untuk menjadikan kita ORANG-ORANG PERCAYA menjadi sama seperti manusia pertama ADAM sebelum jatuh ke dalam dosa.

Jadi jelaslah bagi kita sekarang, BAGAIMANA KASIH BAPA itu yang rasul Paulus katakan sebagai KASIH YANG TIDAK TERBATAS dan karena begitu luas juga tinggi dan dalam yang tidak terselami. KASIH yang tidak saja HANYA DIKATAKAN, tetapi TELAH DIBUKTIKAN dengan KEMATIAN PUTRA TUNGGAL-NYA di atas kayu salib.

EFESUS 1:7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya.

PENEBUSAN telah dikerjakan dengan sempurna oleh pengorbanan Yesus Kristus dan tidak hanya di tebus tapi juga TUHAN mau memulihkan dan MEMPERMULIAKAN kita, karena BAPA sangat MENGASIHI ANAK MANUSIA sehingga BAPA juga ingin agar kita dimuliakan sama seperti DIA ANAK TUNGGALNYA.

YEREMIA 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Jadi sejak semula ternyata ALLAH BAPA telah merancangkan suatu yang sangat baik bagi umat-Nya yaitu sekelompok orang yang telah terpilih dapat dan bisa mempercayai firman TUHAN. Bagi TUHAN ALLAH orang-orang yang percaya itu merupakan orang-orang yang sangat dikasihi-Nya, dan Dia benar-benar mengasihi mereka, walaupun mereka anak-anak manusia yang terikat dosa dan terbelenggu dalam tawanan dosa dan mereka adalah orang-orang yang tidak mampu hidup benar dan hidup saleh, oleh kasih karunia-Nya, TUHAN ALLAH RELA mengorbankan ANAK-NYA supaya JIKA ADA ORANG YANG MAU PERCAYA KEPADA ANAK-NYA mereka tidak akan dihukum tapi mereka akan dimuliakan;

ROMA 8:1-2 Demikianlah sekarang tidak ada penghukumaan bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

Ketika seseorang percaya kepada Putra tunggal Bapa, maka Dia akan dianugerahi dengan Roh Kudus sebagai meterai, dan Roh itu memberikan kehidupan di dalam Roh yang menyebabkan kita beroleh hidup yang baru. Sebagai ciptaan baru maka berlakulah hukum Roh yang menyebabkan seseorang percaya mampu hidup sebagai mana yang dianugerahkan oleh Roh Kudus, suatu kemerdekaan yang menyebabkan anak-anak Allah itu hidup berkemenangan di dalam Kristus, oleh karena itu Tuhan mau supaya umat-Nya yang percaya kepada YESUS KRISTUS hidup mereka dipimpin oleh Roh Kudus, sehingga KASIH ALLAH itu benar-benar kita rasakan dalam hidup baru kita.

ROMA 8:28-30 Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliaakan-Nya.

Jadi dari semula Tuhan sudah merencanakan suatu PEKERJAAN yang dirahasiakan oleh BAPA berabad-abad, dan oleh KEHADIRAN KRISTUS maka rahasia itu sudah dinyatakan. Dan keinginan Bapa supaya MANUSIA HIDUP KUDUS TIDAK BERCACAT CELA seperti DIA. Dan ketika TUHAN menciptakan MANUSIA segambar dan serupa denga Allah, maka cita-cita atau RENCANA ALLAH dalam PENCIPTAAN itu benar-benar sedang DIA KERJAKAN SAAT INI.

KASIH ALLAH itu benar-benar sedang diperagakan-Nya melalui orang-orang percaya, JEMAAT-NYA yang sangat dikasih-Nya. Melalui UMAT TEBUSANNYA. TUHAN sedang menyatakan KASIH KARUNIANYA melalui pelayanan Roh Kudus melalui orang-orang PERCAYA, sehingga NUBUATAN oleh Para Nabi dahulu sedang dilaksanakan-Nya melalui umat-Nya yang dikasih dan mengasihi Dia.

Saudara, begitu besar KASIH BAPA kepada manusia di dunia ini, Dia mengutus Putra-Nya bukan untuk menghakimi dunia, tapi Yesus diutus untuk menyelamatkan manusia di dunia ini. KASIH ALLAH BAPA dinyatakan melalui kehadiran PUTRA tunggal-Nya YESUS KRISTUS yang tidak INGIN melihat KEMATIAN orang jahat dan orang berdosa, tetapi Dia menginginkan PERTOBATAN orang-orang berdosa, itulah KASIH-NYA.

Begitu besar kasih itu sehingga YESUS pernah disebut sebagai SAHABAT ORANG BERDOSA, karena Dia tidak risih bicara dengan PELACUR, makan di rumah MATIUS PEMUNGUT CUKAI, ZAKHEUS, dll sehingga orang berdosa itu bertobat dan menjadi MURID YESUS.

Saudara, mari kita merelakan diri kita untuk menjadi saluran dari KASIH BAPA kepada dunia ini, melalui GKKD-BP ini kita melayani jemaat yang ada melalui berbagai departemen, divisi, biro-biro pelayanan, supaya benar, masyarakat BANDUNG melihat ada RUMAH KASIH yang rela melayani siapapun di sekitar kita supaya mereka melihat KEBAIKAN HATI KITA dan mereka MENGENAL dan MEMUJI  YESUS KRISTUS sebagai JURU SELAMAT dan TUHAN juga bagi mereka. HALELUYA. AMEN.

About the Author: Ervinna Graceful