Suara Penatua Desember 2020

Brown Brush Strokes Beauty Make Up Poster (2)HOSEA 2:1819 AKU akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran dalam kasih setia dan kasih sayang. Aku akan menjadikan isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal Tuhan.

Saudara yang kekasih di dalam Kristus, ayat-ayat firman Tuhan ini merupakan pernyataan kasih oleh nabi Hosea kepada bekas isterinya yang sudah bercerai karena isterinya pergi berzinah dan menjadi PELACUR. Memang latar belakang wanita ini adalah pelacur, yang diperisteri oleh nabi Hosea oleh perintah TUHAN ALLAH. Pernyataan Hosea ini merupakan pernyataan Allah kepada semua orang yang telah percaya kepada Yesus sebagai TUHAN dan JURUSELAMAT.

YOHANES 3:1617 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.”

Jadi siapapun yang percaya kepada YESUS sebagai TUHAN dan JURU SELAMAT maka orang itu akan diselamatkan oleh Yesus dengan pernyataan Hosea di atas maka dari pihak Allah maka semua orang yang percaya diselamatkan oleh imannya dan mereka akan tetap selamat oleh Dia yang telah dikorbankan dan telah menebus dosa orang percaya itu, tidak akan pernah mengalami lagi KEBINASAAN, Oleh karena Kristus mengasihi mempelai-Nya dengan KASIH KEKAL (EVERLASTING LOVE), supaya manusia yang percaya itu bisa mengenal ALLAH dengan KASIHNYA yang tidak terbatas juga, seperti yang dituliskan oleh rasul Paulus.

EFESUS 3:1819 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah

Ayat firman ini berbicara betapa luasnya kasih Kristus itu, tidak terbatas, yang boleh kita rasakan dan miliki, KASIH KRISTUS itulah KASIH SANG MEMPELAI PRIA yang ingin dinyatakanNya melalui pernyataan nabi HOSEA di atas, kepada perempuan yang telah diambilnya untuk menjadi isterinya. Dan itu menggambarkan bagaimana KRISTUS yang telah mengambil manusia berdosa untuk menjadi mempelaiNya, manusia yang digambarkan sebagai PELACUR, seorang yang pekerjaannya adalah menjual diri dengan berzinah dengan laki-laki yang mau tidur dengannya dengan bayaran. Manusia seperti itulah kita sebenarnya sebelum kita percaya kepada YESUS KRISTUS, namun TUHAN ALLAH mengutus ANAK TUNGGAL-NYA untuk menebus, menyucikan dan menguduskan bahkan memulihkan kita oleh KASIH-NYA yang tidak terbatas dan kekal.

Dengan pernyataan Hosea ini juga maka kita bisa belajar prinsip mengenai pernikahan KRISTEN, satu kali untuk selamanya, tidak boleh bercerai kecuali oleh berzinah atau oleh kematian.

Saudara ketika kita menikah maka berlakulah hukum yang dikatakan oleh Yesus ketika Dia menyatakan Firman Allah :

MATIUS 19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan oleh Allah tidak boleh diceraikan manusia.”

Jadi sebenarnya tidak diizinkan rumah tangga Kristen bercerai. Juga YESUS mengatakan dalam

MATIUS 19:9 Tetapi Aku berkata kepadamu :”Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.”

Seseorang menemukan bahwa pasangannya berzinah, namun berzinah seperti apa yang bisa menimbulkan PERCERAIAN?

Perzinahan yang menimbulkan perceraian ialah jika seorang pasangan kawin lagi dengan orang lain dan meninggalkan pasangannya, maka terjadilah perceraian, namun pasangan yang ditinggalkan itu tidak boleh menikah lagi, kecuali rujuk dan tidak boleh ada pernikahan yang kedua, pernikahan yang kedua adalah zinah, karena PERNIKAHAN KRISTEN TIDAK BOLEH CERAI KECUALI OLEH KEMATIAN. Kematianlah yang menyebabkan pasangan yang ditinggalkan boleh menikah lagi dengan orang lain, kalau tidak mati maka perkawinan yang kedua resmi atau tidak pernikahan itu adalah perzinahan. Hosea katakan aku akan jadikan engkau menjadi isteri KEKALku. Saudara itulah sepatutnya pernyataan kita terhadap calon pasangan kita, akan menjadi PASANGAN YANG SETIA SAMPAI MATI, hanya KEMATIAN YANG DAPAT MEMISAHKAN KITA. Haleluya. Puji Tuhan!

About the Author: Ervinna Graceful