Renungan Taat, 8 Desember 2019

BSMURID SENANTIASA MENANTI-NANTIKAN TUHAN

Penulis : Pnt. Sahala Hutagalung

Matius 25:1-13 Perumpamaan sepuluh gadis.

Sepuluh gadis, lima gadis yang bijaksana dan yang lima gadis bodoh mereka sedang menantikan kedatangan mempelai Pria (Mesias), mereka membawa pelita (obor) dan minyak. Tapi karena mempelai lama tidak datang mengantuk dan tertidurlah mereka.

Tiba-tiba Mempelai Pria datang mendadak pada waktu malam, sebagian mereka tidak siap karena minyaknya habis dan harus pergi membeli ke warung, sebagian masuk diundang dalam ruang perjamuan kawin dan pintu ditutup sehingga si gadis bodoh yang lagi membeli minyak di warung tidak bisa masuk.

Kristus bisa datang pada saat yang tidak diketahui dan tidak diduga, kita diingatkan jangan lalai, melainkan harus selalu berjaga-jaga dan siap setiap saat untuk menyambut kedatangannya. Rohani yang tidak bergantung kepada orang lain, melainkan dijaga agar tetap dalam hadirat-Nya, ketekunan iman, hidup dalam kebenaran Firman-Nya dan kehadiran Roh Kudus yang harus terus dipelihara untuk membakar kita.

Karena itu berjaga-jagalah dan selalu siap, sebab kita tidak tahu akan hari maupun akan saatnya kedatangan Yesus yang kedua kali untuk menjemput kita.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sedang mengerjakan dan menyelesaikan Visi pemuridan dalam rumah tangga kita, sekolah/ kampus, pekerjaan/ usaha, di mana mata rohani terus tertuju kepada Tuhan untuk mengikuti apa yang dikehendakinya.

Perumpamaan gadis yang menantikan kedatangan mempelai pria, di mana karena mempelai lama tidak datang maka mereka mengantuk dan tertidur karena kelelahan, jangan terjadi dalam hidup kita, jangan menjadi lalai dan melupakan Tuhan dikarenakan Dia tidak datang-datang sehingga rohani kita tertidur dan tidak sungguh-sungguh lagi bahkan kembali kepada kehidupan lama.

Jemaat senantiasa menanti-nantikan Tuhan untuk menjadi murid Kristus yang setia, tidak terombang-ambing melainkan terus menerus ikut Tuhan dengan sungguh-sungguh karena kita tidak tahu kapan akan hari maupun akan saat kedatangan-Nya.

About the Author: Ervinna Graceful