Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MAZMUR 26:2-6

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang diinginkan oleh Daud sehingga ia meminta Tuhan menguji dia?
  2. Dengan siapa Daud tidak ingin duduk bersama, dengan siapa dia tidak mau bergaul?
  3. Apa yang dibenci oleh Daud?
  4. Apa tanda yang Daud buat sebagai bukti dia tidak bersalah?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, dalam pelajaran kita pagi ini kita membaca bagaimana Daud menyatakan keinginan dan kerinduannya kepada Tuhan, dengan menyatakan bagaimana Daud mengasihi Tuhan dan Daud menyatakan bagaimana dia dalam beribadah dan bertindak dalam hidupnya yang sungguh-sungguh mengasihi dan mencintai Tuhan Allahnya.

Dalam pernyataan kasih Daud kepada TUHAN YHWH, dia menyatakan bagaimana sikap dia terhadap orang-orang berdosa dan bagaimana dia menjaga hatinya dan membangun sikap hatinya yang benar terhadap TUHAN YHWH.

Daud ingin agar TUHAN senantiasa memperhatikan dia dengan cara TUHAN mau menguji hatinya, apakah dia bersungguh-sungguh atau masih kurang bersungguh terhadap TUHAN.

Namun dalam kehidupan Daud setelah dia menjadi BESAR, DAUD menjadi RAJA. Daud juga mengalami kegagalan, ketika Daud melalaikan tugasnya sebagai Raja yang sepatutnya memimpin peperangan tapi dia diam di rumahnya dan melepas YOAB PANGLIMA PERANGNYA memimpin pertempuran dan Daud istirahat di rumahnya.

Ketika dia berjalan-jalan di atas sotoh rumahnya maka terlihat olehnya seorang yang sedang mandi dan Daud melihat orang yang mandi itu dan dia memperhatikan bahwa wanita itu CANTIK.

Daud tergoda oleh kecantikan wanita yang mandi itu, setelah dia selidiki bahwa wanita itu telah punya suami dan suaminya sedang tidak bersama dia, karena suaminya adalah seorang pemimpin yang bersama Yoab sedang pergi ke medan perang.

Seharusnya Daud secepatnya TIDAK LAGI MEMIKIRKAN DAN MEMPERHATIKAN wanita itu karena WANITA INI TELAH BERSUAMI, BERSALAH MENGINGINKAN ISTERI ORANG LAIN.

Tapi Daud tidak lagi berlaku saleh tapi dia membiarkan hatinya tergoda, DAUD tidak lari ke hadirat TUHAN, tapi dia larut dalam PENGLIHATAN dan kepada PIKIRANNYA.

Dan Daud menghampiri wanita itu dan Daud benar-benar berlaku tidak saleh lagi, Daud oleh dosanya menjadi seorang yang KEJAM dan EGOIS, Daud berusaha untuk MENUTUPI DOSAnya dia tidak lagi ingin membasuh tangannya agar dia KUDUS, tapi supaya terlihat kudus dia menggunakan KELICIKAN agar dia LEPAS dari TANGGUNG JAWAB.

KARENA TIDAK BERHASIL STRATEGI LICIKNYA, maka Daud ingin membersihkan nyawanya dengan STRATEGI PERANG agar Daud bisa mengambil perempuan itu sebagai seorang JANDA, bukan isteri seseorang. DAUD benar-benar LICIK dan KEJAM SERTA JAHAT.

Saudara, mari kita menjaga hati kita senantiasa TAHIR dengan MENJAGANYA SELALU DALAM HADIRAT TUHAN dengan MENCINTAI RUMAH TUHAN, supaya hati kita senantiasa terpelihara, sehingga RASA GENTAR, HORMAT dan KASIH senantiasa menguasai hati kita, dihadapan TUHAN.

HALELUYA. AMIN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Mengapa anak-anak Tuhan sering tidak stabil pertumbuhan rohaninya?