Renungan Taat, 24 November 2019

BRBERGERAK BERSAMA DENGAN ROH KUDUS

Oleh : Pnt. Robinson Saragih

KISAH PARA RASUL 13:2-4; Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi. Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus.

Saudara yang saya kasihi, melalui ayat-ayat Firman Tuhan ini kita bisa belajar bagaimana Roh Kudus mengarahkan jemaat untuk selalu berada dalam track-Nya Tuhan. Melalui arahan Tuhan maka jemaat-jemaat bisa melakukan misinya Tuhan, dan untuk itulah Gereja ada, yaitu melaksanakan misi-Nya Tuhan (MisioDeo) bukan untuk melakukan misi seseorang. Jemaat Antiokhia melakukan misiNya Tuhan melalui ARAHAN ROH KUDUS. TUHANlah yang memilih hamba-hamba-Nya yang dipanggil untuk melakukan kehendak Allah Bapa di muka bumi ini. TUHAN yang memilih Barnabas dan Saulus yang akan disebut Paulus, untuk melakukan tugas yang sudah Tuhan tentukan bagi mereka, yaitu untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah yaitu Injil Kasih Karunia kepada orang-orang yang belum percaya dengan latar belakang bukan keturunan Yahudi, walaupun dalam perjalanan tugas mereka sering sekali mereka memulai pelayanan mereka di kota-kota yang baru mereka masuki dengan selalu mereka mencari rumah sembahyang Yahudi (sinagoga-sinagoga) dan memulai pemberitaaan mereka diantara orang-orang Yahudi dan setelah itu berita itu menyebar kepada orang-orang non Yahudi di kota itu.

Dalam ibadah Doa puasa jemaat Antiokhia mereka mendengarkan arahan Tuhan bagi jemaat agar mereka MENGKHUSUSKAN Barnabas dan Saulus untuk PERGI MEMBERITAKAN INJIL kepada orang-orang yang di tempat-tempat lain, mereka memulai merintis jemaat-jemaat di luar kota Antiokhia.

Dalam Kitab Rasul juga diceritakan bagaimana RASUL PETRUS mendapatkan ARAHAN ROH KUDUS, melalui penglihatan sementara di tempat lain seseorang dikunjungi oleh MALAIKAT dan mereka mendapat pesan yang berkaitan antara pesan bagi Petrus dengan pesan kepada KORNELIUS. Dari kedua pesan itu Tuhan sedang mengarahkan Petrus untuk pergi memberitakan Injil Kasih karunuia kepada keluarga perwira prajurit Romawi yang sudah lama rajin beribadah kepada Yahowa Israel dengan sering menolong orang-orang Yahudi yang membutuhkan pertolongan. Allah ingin melawat dan memperkenalkan Diri-Nya kepada keluarga Kornelius. Ketika Petrus mendapatkan penglihatan bagaimana dia harus rela pergi ke rumah orang KAFIR ROMAWI. Lewat arahan Roh Kudus melalui penglihatan maka Petrus rela untuk memasuki rumah perwira Romawi dan memberitakan INJIL YESUS KRISTUS dan ketika KABAR BAIK yaitu INJIL KASIH KARUNIA itu diberitakan maka seluruh pendengar mendapat ANUGERAH turunnya ROH KUDUS di atas seluruh keluarga dan kerabat Kornelius sehingga mereka PENUH DENGAN ROH KUDUS, maka seluruh keluarga dan kerabat Kornelius dibaptiskan ke dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus yaitu nama YESUS KRISTUS.

Kedua peristiwa ini merupakan peristiwa yang diinisiasi oleh ROH KUDUS, kejadian seperti ini, sering sekali terjadi pada jemaat mula-mula. Rasul-rasul YESUS KRISTUS sering sekali BERGERAK DENGAN CARA yang sama yaitu mereka MENDAPATKAN ARAHAN atau MEREKA DIPIMPIN OLEH ROH KUDUS. Ketika mereka mendengarkan suara Roh Kudus dan mereka menaatinya maka berbagai MUJIZAT berlangsung.

Saudara, sampai hari ini kalau kita mau mendengarkan arahan dari Roh Kudus, maka kejadian atau PERISTIWA-PERISTIWA dalam KITAB PARA RASUL masih bisa berlangsung sampai hari ini. Oleh karena itu saya menghimbau supaya jemaat tidak alpa dari PERTEMUAN-PERTEMUAN DOA yang ada dalam jemaat Tuhan, supaya kita bisa mendengarkan ARAHAN ROH KUDUS, melalui arahan para PENATUA jemaat.

KISAH PARA RASUL 16:6-12; Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia. Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka. Setelah melintasi Misia, mereka sampai di Troas. Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri di situ dan berseru kepadanya, katanya: “Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!” Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana. Lalu kami bertolak dari Troas dan langsung berlayar ke Samotrake, dan keesokan harinya tibalah kami di Neapolis; dari situ kami ke Filipi, kota pertama di bagian Makedonia ini, suatu kota perantauan orang Roma. Di kota itu kami tinggal beberapa hari.

Ketika jemaat beribadah dengan baik dan benar dan ketika jemaat berdoa dan berpuasa maka Roh Kudus sering mengintervensi jemaat, dan DIA melalui ORANG-ORANG yang DIPIMPINNYA melalui karunia-karunia mereka, ROH KUDUS melakukan ARAHANNYA melalui NUBUATAN atau PENGLIHATAN, namun kalau nubuatan itu tidak dihiraukan dan tidak ditaati maka IBADAH DOA PUASA itu seperti tidak ada MANFAATNYA karena JELAS-JELAS ada ARAHAN ROH KUDUS tapi tidak ditaati dan tidak dilakukan maka ibadah itu seperti tidak berfaedah, padahal ibadah itu ibadah yang sangat berkuasa dan sangat inspiratif dan sangat BERFAEDAH jika ARAHAN ROH KUDUS yang ada di dalam ibadah itu DIDENGARKAN dan DITERIMA, DITAATI DAN DILAKSANAKAN, maka IBADAH DOA PUASA sangat POWER FULL dan sangat baik untuk dilakukan, sesuai dengan ARAHAN dan TUNTUNAN ROH KUDUS.

Saudara, secara pribadi juga sebenarnya DOA PUASA itu merupakan IBADAH yang sangat baik untuk dilakukan, supaya melalui ibadah yang INTIM dan PERTEMUAN PRIBADI DENGAN ROH YESUS KRISTUS akan membuka mata kita supaya kita semakin jelas mengerti apa yang BAPA INGINKAN dari kita pribadi di dalam pelayanan kita dan dalam hidup kita mengikut Dia, Allah yang telah MEMILIH kita, MENENTUKAN kita, telah MEMBENARKAN dan DIA JUGA INGIN MEMULIAKAN kita di dalam ANAKNYA YESUS KRISTUS. Untuk itu makanya rasul Paulus pernah berkata serahkan hidupmu kepada Tuhan untuk dikendalikan oleh RohNya supaya kita mengalami PEMULIHAN dan ROH KUDUS BISA MENGARAHKAN kita untuk hidup dipimpin oleh Roh Kudus untuk MENJADI SERUPA DENGAN YESUS.

GALATIA 5:25; Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Rasul Paulus mengarahkan jemaat supaya bisa senantiasa digerakkan oleh Roh Kudus, supaya hidup kita senantiasa DIARAHKAN atau DIPIMPIN oleh ROH YESUS KRISTUS yaitu ROH KUDUS sering juga disebut ROH ALLAH. Dengan gaya hidup yang senantiasa dipimpin oleh Roh Kudus, maka kita akan selalu mendengarkan ARAHAN atau PETUNJUK atau kita sering MENDENGAR SUARA ROH KUDUS yang memimpin kita untuk melakukan sesuatu yang TUHAN ingin itu dilakukan, maka kita akan melihat pelayanan kita dan hidup kita disertai oleh TUHAN dan itu memperlihatkan HASIL yang baik dan banyak. Di luar Aku kamu tidak dapat berbuah banyak, namun bersama RohKu kamu akan melakukan apa yang Aku lakukan bahkan LEBIH BESAR dari yang AKU lakukan DEMIKIAN FIRMAN YESUS KRISTUS, demikian perkataan Yesus yang dikutip oleh rasul YOHANES.

Saudara, mari biasakanlah melakukan ibadah pribadi yang menyebabkan kita senantiasa BERTEMU ROH KUDUS, yang senang menyampaikan PESAN YESUS dan PESAN ALLAH BAPA kepada kita anak-anak-Nya, supaya HIDUP KITA terarah dan HIDUP KITA BISA MENJADI BERKAT bagi KELUARGA, GEREJA, MASYARAKAT dan BANGSA KITA. HALELUYA, PUJI TUHAN. AMEN.

About the Author: Ervinna Graceful