Renungan Taat, 10 November 2019

BSMENGENAL PRIBADI ROH KUDUS

Oleh : Pnt. Sahala Hutagalung

Roh Kudus adalah salah satu dari tiga oknum dari tritunggal Allah yang kekal, diterjemahkan dengan angin atau nafas Allah, jadi Roh Kudus adalah Allah sendiri.

Roh Kudus sebagai oknum yang mempunyai kepribadian-Nya sendiri, Dia adalah oknum ilahi, Dia adalah Allah yang hidup dan tak terbatas yang tinggal dalam hati kita.

Ketika Roh Kudus turun atas kita sebagai umat-Nya, maka akan disanggupkan untuk bernubuat, melihat penglihatan, mendapat mimpi-mimpi nubuat, hidup dengan taat, kudus dan benar, melayani dan bersaksi dengan kuasa besar.

Nabi-nabi perjanjian lama melihat kedepan dan bernubuat tentang Mesias dimana pencurahan dan pemenuhan Roh Kudus atas seluruh umat manusia akan terjadi.

Para nabi dahulu bernubuat Roh Tuhan akan menuntun seseorang pada tingkat kehidupan yang benar, mengikuti dan mendengar jalan-jalan Allah.

Yoel 2:28-30 Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapatkan mimpi, teruna-terunamu akan mendapatkan penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu. Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi:darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap.

Ketika Roh Kudus di curahkan akan menginsafkan orang akan dosa, menyatakan kebenaran tentang Yesus, memberi kelahiran baru, mengambil bagian dalam kodrat ilahi (memperbaharui hidup).

Roh Kudus adalah penolong, penghibur, dan pengajar dalam hidup kita dan selalu membawa kita kepada kebenaran. Dia juga yang membawa kita untuk bersaksi dan melayani Tuhan.

Sangat penting bahwa kita yang sudah percaya menyadari pentingnya Roh Kudus, Dia memberi kuasa untuk memberitakan injil dan mendoakan orang sakit atau kerasukan setan.

Dia menyucikan kita, membersihkan, menuntun dan mendorong kita untuk hidup kudus, membebaskan kita dari belenggu dosa. Menolong kita dalam penyembahan kepada Allah juga menolong dalam kehidupan doa kita. Menuntun kita ke dalam persekutuan yang erat (intim) dengan Tuhan. Roh Kudus senantiasa mencurahkan kasih Allah kepada kita.

Melalui Roh Kudus kita dapat melakukan hal-hal yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, Pentakosta tanpa ke Tuhanan Kristus itu mustahil dan tidak akan ada mujizat.

Roh Kudus sebagai Allah yang hidup dan tak terbatas kuasa-Nya yang sudah tinggal di dalam hati kita masing-masing, layak untuk di sembah, dikasihi dan untuk kita menyerahkan hidup untuk di pimpin oleh Dia.

About the Author: Ervinna Graceful