Renungan Taat, 3 November 2019

BRMURID YANG BERGERAK BERSAMA ROH KUDUS

Oleh : Pnt. Robinson Saragih

GALATIA 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh.

Pesan Rasul Paulus dalam ayat Firman Tuhan ini jelas mengajarkan kepada kita murid-murid Yesus yang sudah hidup oleh Roh Kudus, maka dia mendorong dan menganjurkan kita supaya kita juga menyerahkan hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus. Seorang murid Kristus adalah seorang yang sudah hidup oleh Roh Kudus, karena ketika kita percaya kepada Yesus dan kita memberikan diri kita dibaptis dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus sebagai bukti pertobatan kita, maka kita telah beroleh karunia Roh Kudus, Tuhan mengaruniakan kita pribadi Roh Kudus dan DIA tinggal di dalam kita dan berdiam di dalam roh kita sehingga kita mengalami KELAHIRAN KEMBALI, yang lama telah berlalu dan yang BARU telah TIBA, yaitu kita MEMILIKI HIDUP BARU yaitu HIDUP OLEH ROH.

KISAH PARA RASUL 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Ketika seorang petobat baru memberi diri mereka dibaptiskan ke dalam nama Yesus Kristus, maka orang itu sejak saat itu menjadi milik Tuhan Yesus dan Allah, Tuhan menganugerahkan ROHNYA kepada orang itu dan dia mengalami KELAHIRAN BARUNYA.

II KORINTUS 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Ketika seseorang hidup oleh Roh, maka rasul Paulus menganjurkan supaya orang itu hidup dipimpin oleh Roh Kudus, mmengapa? Supaya kehidupannya yang baru hidup bersama dengan Roh Kudus, yang ingin mengajarkan segala sesuatu kehidupan yang berkenan kepada Allah Bapa.

YOHANES 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Ketika seseorang menyerahkan dirinya dipimpin oleh Roh Kudus, maka Roh Kudus akan mengajarkaan dia akan segala sesuatu yang diperlukan bahkan Roh Kudus akan mengajarkan dia segala sesuatu yang Yesus pernah katakan atau segala firman Tuhan yang pernah dia pelajari. Roh Kudus akan mengajar supaya orang percaya atau murid Yesus itu tidak akan hidup dengan MENDUKAKAN ROH KUDUS, Roh Kudus akan memimpin dia supaya semakin mengenal Yesus sebagai Tuhan yang telah menebus dan sedang MEMULIHKAN dia untuk menjadi seperti Yesus (TO BE LIKE JESUS), itulah yang berkenan kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus. Karena manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah.

Saudara yang saya kasihi dalam Yesus Kristus, dengan rela kita menyerahkan hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus, maka dengan LELUASA ROH KUDUS akan mengajarkan kita segala yang kita perlu untuk menjadi seperti YESUS. Memiliki PIKIRAN, PERASAAN dan KEMAUAN YESUS KRISTUS, itulah tujuan Allah ketika Dia mengasihi DUNIA ini sehingga DIA MENGUTUS PUTRA tunggal-Nya YESUS KRISTUS, agar MANUSIA dikembalikan menjadi SEGAMBAR dan serupa dengan ALLAH.

Saudara yang saya kasihi, ketika engkau memutuskan hidup dengan dipimpin oleh Roh Kudus, maka engkau akan dibawa oleh ROH KUDUS bergerak di dalam KEHENDAK ALLAH, DIA akan memimpinmu hidup berkenan kepada Allah, dan engkau akan melakukan apa saja PERINTAH YESUS yang engkau tahu dan kenal. Kita tidak mampu melakukan perintah Yesus ketika kita hidup dengan sendiri tanpa YESUS dan DI LUAR YESUS, kita tidak akan bisa hidup berkenan kepada Allah, kita tidak akan berbuah, kita akan hidup seenak kita dan kita akan mengalami KEMEROSOTAN dan kita akan MENGALAMI KEMISKINAN dan KESAKITAN rohani, hidup mendukakan Roh Kudus, bahkan kalau kita tidak SECEPATNYA BERBALIK kepada YESUS dan MEMINTA DIA KEMBALI MEMIMPIN KITA, bisa-bisa iblis akan memimpin kita untuk MENGHUJAT ROH KUDUS, hal ini telah dialami oleh beberapa orang pada waktu akhir-akhir ini. YESUS katakan hal ini sesuatu yang mustahil terjadi bagi PENGIKUTNYA yang benar-benar hidup DIPIMPIN oleh ROH KUDUS, namun bagi anak-anak Tuhan yang tidak hidup di dalam KRISTUS, hal ini bisa terjadi dan banyak kesaksian pada akhir-akhir ini. Bagaimana seorang PENULIS LAGU-LAGU PENYEMBAHAN, dia sering MENJADI WORSHIP LEADER dalam kebaktian-kebaktian ibadah gereja besar dan terkenal di Australia dan Amerika. Bagaimana Pendeta-pendeta pemimpin gereja MATI BUNUH DIRI, MENGHUJAT ROH KUDUS dan menyatakan diri menjadi ATHEIS. Dll.

Semua penyimpangan ini sudah dinubuatkan oleh firman Tuhan rasul Paulus telah menyatakan bahwa : “pada akhir zaman akan ada yang MURTAD“. Mengapa? Karena adanya PENGAJARAN-PENGAJARAN SESAT masuk KE DALAM GEREJA. Oleh karena itu maka kita harus berhati-hati dalam BELAJAR FIRMAN TUHAN.

Ketika kita belajar maka kita akan belajar dari hamba Tuhan yang hidupnya telah membuktikan bahwa dia adalah seorang hamba Tuhan yang sejati, tidak seorang yang tidak kita kenal seperti apa buah Rohnya, namun kita kagum kepada KARUNIA-KARUNIA ROHNYA.

MATIUS 3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.

LUKAS 6:44 Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri tidak memetik buah anggur.

Saudara, buah roh adalah hasil pergaulan dengan Roh Kudus yang mengajarkan dia segala sesuatu dan yang mengubah dia dan melahirkan KARAKTER yaitu BUAH ROH KUDUS dalam hidupnya, sedangkan KARUNIA ROH KUDUS adalah anugerah yang diberikan ketika orang itu percaya. Jadi seorang bayi rohani bisa memiliki karunia-karunia yang hebat-hebat dan karakternya kadang kala belum siap menopang anugerah yang besar itu. itulah makanya rasul Paulus menasihatkan jemaat di dalam suratnya kepada jemaat Yesus Kristus di Roma.

ROMA 12:1-2 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Ketika kita mempersembahkan tubuh kita kepada Allah, maka Roh Kudus akan memimpin kita dan Dia akan menjadikan kita menjadi serupa dengan Kristus, maka MURID-MURID YESUS yang hidup dalam PENYERAHAN KEPADA ALLAH, maka ROH ALLAH akan memimpin dia untuk BERGERAK sesuai dengan KEHENDAK ALLAH, yaitu BERGERAK DENGAN ROH KUDUS.

Saudara, oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh Jemaat Kristus di GKKD-BP untuk mempersembahkan HIDUPMU kepada ALLAH, supaya engkau dapat MENGIKUTI GERAKAN ROH KUDUS, pada saat ini, pada musim di akhir zaman ini. Biarkan hidupmu di pimpin oleh Roh Kudus, supaya engkau dapat berbuah banyak dan engkau menyatakan bahwa engkau adalah MURID YESUS dan engkau akan BERGERAK sesuai dengan keinginan ROH KUDUS. Haleluya, puji Tuhan, AMIN.

About the Author: Ervinna Graceful