Renungan Taat, 13 Oktober 2019

BRMENELADANI YESUS BERARTI MENGASIHI-NYA

Penulis : Pnt. Robinson Saragih

Matius 6:24; Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

Saudara yang kekasih dalam Kristus, Yesus dengan TEGAS berkata : ”Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” Jadi sebagai seorang percaya kita hanya bisa mengabdi kepada Tuhan dan mamon menjadi alat kita untuk melayani Dia dan alat kita untuk menjalin persahabatan dengan orang-orang di sekitar kita.

Bagaimana kita bisa menjadikan mamon sebagai alat kita melayani Tuhan? TUHAN berfirman dalam Alkitab : Ibrani 13:5; Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Tuhan mau supaya kita bisa mengelola harta kita dan kita bisa mencukupkan diri kita dengan apa yang ada pada kita. Uang dijadikan alat bukan dijadikan Tuan tapi dijadikan hamba atau alat bagi kita untuk memenuhi kebutuhan kita dan untuk alat kita melayani Tuhan dan melayani sesama kita. Uang (Mamon) jika dijadikan TUAN dia akan menjadi TUAN YANG KEJAM namun jika uang (Mamon) dijadikan pelayan (Hamba) dia akan menjadi hamba yang baik dan sangat berguna. TUHAN dengan TEGAS dan SENGAJA MEMBANDINGKAN diri-Nya dengan Mamon sebagai pilihan bagi orang percaya untuk di SEMBAH atau DIPERTUAN.

Jika saudara meneladani Yesus dalam hidup saudara, maka sepatutnya saudara juga MENGASIHI DIA. Yesus dengan tegas mengatakan bahwa seseorang mengasihi Dia itu ditandai oleh orang itu RELA MENAATI YESUS atau ORANG ITU MAU MELAKUKAN FIRMANNYA. Jika seseorang tidak mau menaati firman-Nya bagaimana bisa orang ini disebut MENGASIHI YESUS? Jika seseorang tidak mau menaati firman TUHAN, sudah dapat dipastikan BAHWA ORANG INI BUKAN MURID YESUS. Dan dia tidak sedang menjadikan YESUS GURU atau PANUTAN atau orang ini tidak meneladani hidup Yesus yang sangat mengasihi Bapa-Nya. Yesus mengasihi Bapa-Nya dengan melakukan semua PERINTAH BAPANYA.

Jika seseorang mengasihi Yesus dengan sungguh-sungguh dia tidak akan mungkin bisa mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya, yaitu mengasihi dan mengikuti keinginan mata, daging dan keangkuhan hidup atau sesuatu yang bisa disombongkan. Dan jika seseorang mengasihi dunia dengan apa yang ada didalamnya, maka orang itu sedang tidak SEDANG MENGASIHI YESUS dan BAPANYA.

Yohanes menuliskan FIRMAN ALLAH : I Yohanes 2:15-16; Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Saudara yang saya kasihi jika kita sedang belajar untuk menjadi MURID YESUS, maka sepatutnya kita hidup dengan MENELADANI DIA itu berarti kita MENGASIHI YESUS dan juga MENGASIHI BAPANYA juga seharusnya KITA MENGASIHI FIRMANNYA. Jika seorang mengaku menjadi MURID YESUS maka DIA AKAN MENAATI FIRMAN ALLAH dan MELAKUKAN PERINTAH YESUS KRISTUS hal itu merupakan BUKTI KITA MENGASIHI YESUS dan menjadikan Dia sebagai GURU dan TUAN. HALELUYA, PUJI TUHAN. AMIN.

About the Author: Ervinna Graceful