Renungan 11 November 2018

BRMEMILIKI BELAS KASIHAN

Oleh Pnt. Robinson Saragih

YESAYA 61:1; ”Roh TUHAN ALLAH ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi Aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan kepada orang-orang yang terpenjara.”

Firman Tuhan ini telah dikutip oleh Yesus ketika Dia mengajar orang banyak di Sinagoge di NAZARETH, di mana sebelumnya Dia selalu beribadah di situ ketika Dia belum diurapi Tuhan atau sebelum Dia di baptiskan oleh YAHYA PEMBAPTIS di sungai Yordan.

IA datang ke Nazareth tempat Ia dibesarkan dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab. Kepada-Nya diberikan kitab Nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, dimana ayat di atas tertulis. Dan Ia menyatakan bahwa ayat firman Tuhan di atas telah digenapi di dalam diri-Nya. Itu berarti Dia menyatakan bahwa NUBUATAN YESAYA TELAH DI PENUHI dan DIALAH ORANG YANG DIURAPI OLEH TUHAN ALLAH itu. Dengan pengurapan itu TUHAN ALLAH MENGUTUS YESUS untuk mengabarkan INJIL, KABAR BAIK kepada orang-orang yang REMUK HATI, kepada orang-orang sengsara dan kepada orang-orang tertawan karena dosa.

Remuk hati karena tertindas dan remuk hati karena berdosa tertawan oleh kuasa dosa, TUHAN ALLAH mau supaya orang-orang yang diurapi-Nya juga memiliki belas kasihan yang sama dengan TUHAN ALLAH, sehingga memiliki KEMAUAN untuk MEMBEBASKAN mereka dari keadaan mereka. DOSALAH penyebabnya, oleh karena itu TUHAN ALLAH mengurapi YESUS KRISTUS DAN MENGURAPI DIA untuk mengabarkan KABAR BAIK yaitu INJIL KASIH KARUNIA atau INJIL KERAJAAN, supaya orang-orang yang REMUK HATI mendengar KABAR BAIK bahwa DOSA MEREKA SUDAH DITEBUS oleh KEMATIAN ANAK ALLAH YESUS KRISTUS.

ORANG-ORANG YANG REMUK HATI perlu di BEBASKAN dari KETERIKATAN MEREKA TERHADAP DOSA YANG MEMBELENGGU mereka, Injil adalah kekuatan Allah yang bisa menyelamatkan orang berdosa. Tuhan mau supaya kita orang-orang yang diurapi Tuhan mau memiliki belas kasihan agar orang-orang tertindas dapat dibebaskan dan mereka dilepaskan dari tawanan iblis yang menindas mereka.

Kalau orang berdosa merasa remuk hati itu suatu pertanda bahwa mereka sudah dekat dengan keselamatan mereka, bagaimana dengan orang berdosa dan tidak mengalami remuk hati, bahkan mereka tidak merasa takut kepada Tuhan dan tetap sombong dan merasa tidak perlu Tuhan, tidak sedikit orang yang seperti ini. Tuhan mengasihi orang-orang yang remuk hati dan Tuhan sangat memperhatikan mereka sehingga Dia mau mengurapi seseorang agar mau diutus untuk mengabarkan kabar baik kepada mereka yang remuk hati itu. Tuhan telah mengurapi kita orang percaya, supaya kita menjadi alat Tuhan untuk mengabarkan kabar baik kepada mereka yang remuk hati yang di kasihi oleh Tuhan.

Saudara, engkau telah memiliki Roh Kristus dalam hidupmu karena Tuhan telah mengurapi engkau, supaya engkau mau mengabarkan KABAR BAIK bagi mereka yang REMUK HATI, yang tertindas oleh DOSA dan kita telah menerima KASIH ALLAH, ketika kita percaya dan diurapi TUHAN ALLAH. Pengurapan itu dimaksudkan oleh Tuhan sebagai perlengkapan dan kuasa untuk mengabarkan Injil Kerajaan kepada orang berdosa.

Ada banyak orang-orang yang remuk hatinya, frustasi hidupnya mereka terintimidasi oleh dosa-dosa mereka, banyak diantara mereka menjadi orang yang JAHAT dan mereka menjadi ORANG YANG SAKIT-SAKITAN dan banyak diantara mereka HIDUP DALAM KEMISKINAN.

Saudara YESUS dengan belas kasihan BAPANYA berjalan mengelilingi kota dan desa untuk mengabarkan KABAR BAIK. Begitulah gaya hidup YESUS dan itu adalah gaya hidup Kerajaan Allah. Yesus mau murid-murid-Nya memiliki GAYA HIDUP YANG SAMA dan GAYA HIDUP INI juga patut KITA HIDUPI sebagai orang yang percaya kepada YESUS KRISTUS. Amen. Haleluya. Puji Tuhan.

About the Author: Ervinna Graceful