Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : GALATIA 3:11-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah ada orang yang dibenarkan dihadapan Allah karena melakukan hukum Taurat?
  2. Apakah dasar hukum Taurat adalah iman?
  3. Mengapa Kristus dapat menebus kita dari kutuk hukum Taurat?
  4. Apa tujuan Yesus menebus kita dengan digantung pada kayu salib?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kutuk terjadi karena pelanggaran terhadap ketetapan yang Tuhan berikan, manusia menjadi terkutuk sejak jatuh dalam dosa dari Taman Eden.

Sejak saat itu pada dasarnya manusia telah hidup di dalam kutuk, apa yang dihasilkan oleh manusia yang terkutuk sudah pasti tidak akan sama dengan apa yang dihasilkan oleh manusia yang terberkati.

Kondisi ini semakin terlihat jelas dari pelajaran sejarah bangsa Israel, pada waktu itu Allah menghadapkan kepada mereka berkat dan kutuk.

Kita bisa membaca dan merenungkan bahwa pilihan berkat dan kutuk adalah pilihan yang sangat kontras, berkat-berkat yang dijanjikan Tuhan sangat luar biasa dan melimpah sementara kutuk yang diberikan sangat dahsyat dan mengerikan bahkan bisa sampai kepada keturunan demi keturunan.

Sewajarnya bila manusia memilih berkat daripada kutuk, namun sejarah mencatat dan menjadi pelajaran yang sangat berharga bahwa umat pilihan Allah pada akhirnya salah memilih.

Manusia yang hidup dalam dosa dan kutuk dari awalnya tetap akan cenderung hidup dalam budak dosa dan menjadi terkutuk.

Bersyukurlah bahwa oleh karena Yesus yang kita percayai dan yakini telah mati bagi kita untuk menebus kita dari perbudakan dosa dan kutuk hukum Taurat telah membuat kita menjadi orang yang merdeka dan bebas dari kutuk.

Oleh iman kita beroleh anugerah keselamatan dan juga berkat yang telah dijanjikan Tuhan kepada Abraham sampai kepada kita orang percaya.

Bagaimana dengan hidup saudara saat ini, apakah berkat yang telah Tuhan janjikan kepada Abraham juga telah saudara alami dalam seluruh aspek kehidupan saudara?

Ingatlah bahwa kita diselamatkan dan dibebaskan dari kutuk bukan karena perbuatan baik kita, tetapi oleh iman kita percaya bahwa anugerah itu telah kita alami.

Kehidupan yang dipenuhi oleh berkat Tuhan sudah seharusnya menyertai orang-orang percaya, kita diberkati bukan karena kita minta tetapi karena Allah yang ingin berkat itu sampai kepada kita.

Dia ingin kita menjadi saksiNya bahwa Allah adalah Allah yang mengasihi dan ingin manusia diselamatkan serta mengalami anugerahNya agar dapat bersekutu dan menyembahNya.

Marilah kita manifestasikan keyakinan dan iman kita dalam perbuatan, milikilah gaya hidup selayaknya sebagai orang-orang pilihan Allah yang diberkati untuk memberkati banyak orang, memberkati bangsa-bangsa untuk Injil KerajaanNya dapat diberitakan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.