Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MATIUS 24:3-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Permulaan penderitaan seperti apa yang Yesus katakan menjelang zaman baru?
  2. Oleh karena nama Yesus apa yang terjadi dengan murid-murid Kristus pada masa itu?
  3. Siapakah yang akan menyesatkan banyak orang?
  4. Apa yang terjadi dengan orang-orang yang bertahan sampai kesudahannya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Perjalanan rohani kita sebagai murid-muridNya bukanlah perjalanan yang menyenangkan secara daging, Tuhan menjanjikan berkat dan penyertaan namun kita tahu bahwa sebagai muridNya dan sebagai warga Kerajaan Allah kita juga berhadapan dengan penderitaan karena namaNya.

Dalam kehidupan kita sebagai karyawan atau staf di suatu perusahaan kita berhadapan dengan sistem atau aturan yang mungkin bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan, dalam berbisnis kita bersaing dengan pesaing-pesaing yang seringkali menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan.

Di sekolah atau kampus mungkin kita melihat bagaimana teman-teman kita juga menghalalkan segala cara atau trik untuk mendapatkan nilai yang bagus demi IPK.

“Penderitaan-penderitaan” ini tentu akan mempengaruhi pikiran dan hati kita bila kita tetap bertahan pada prinsip kebenaran di tengah-tengah ajakan atau paksaan untuk mengikuti prinsip yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan ini.  

Namun itu belum kesudahannya, pada hari-hari terakhir akan lebih sadis lagi seperti yang dikatakan oleh Yesus pada Matius pasal 24 yang diberi judul “Siksaan yang berat dan Mesias-mesias palsu”.

Menjadi berkat bagi bangsa-bangsa dimulai dari diri kita masing-masing untuk tetap konsisten berjalan dalam prinsip-prinsip kebenaran Firman Tuhan dalam menjalankan bisnis, usaha, pekerjaan atau studi kita.

Prinsip dan keyakinanan akan kebenaran Firman Tuhan yang kita jalani pada hari minggu waktu ibadah tentunya harus sama dengan apa yang kita jalani pada hari senin sampai sabtu. Jangan menjadi anak-anak Tuhan yang bersikap benar pada hari minggu tetapi “berakhir” pada hari senin.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bersama untuk bertahan sampai kesudahan, bukan hanya pada hari minggu saja.

Kita bahkan mungkin belum mengalami penderitaan sampai menumpahkan darah demi kebenaran, oleh sebab itu janganlah kita kompromi dengan hal yang salah demi “keuntungan” yang tidak kekal.

Biarlah kita menjadi rumah kasih bagi bangsa-bangsa untuk mereka dapat meneladani hidup kita dalam segala aspek di setiap waktu.

Seperti Daniel yang tidak didapati kesalahannya dalam profesi dan jabatannya selain dari kebiasaannya berdoa dihadapan Allah, demikianlah Roh Kudus memberi kekuatan kepada kita semua.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.