Category Archives: Pnt. Robinson Saragih

Renungan 9 Desember 2018

BRKEHIDUPAN PUJIAN DAN PENYEMBAHAN
(MAZMUR 149:6-9)

Oleh Pnt. Robinson Saragih

MAZMUR 149:6-9; “Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka, untuk melakukan pembalasan terhadap bangsa-bangsa, untuk membelenggu raja-raja mereka dengan rantai, dan orang-orang mereka yang mulia dengan tali-tali besi, untuk melaksanakan terhadap mereka hukuman seperti yang tertulis. Itulah semarak bagi semua orang yang dikasihi-Nya. Haleluya !

Saudara-saudara yang saya kasihi, Pemazmur mengatakan bahwa pujian pengangungan Allah adalah senjata perang untuk mengalahkan musuh.

KISAH PARA RASUL 16:25; ”Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan. Akan tetapi tgerjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua.

Rasul Paulus dibawah pimpinan Roh Kudus ketika mereka terkurung dalam penjara yang sangat dijaga begitu ketatnya, mereka berdoa dan menyanyikan nyanyian pujian dan pengagungan Allah, maka terjadilah gempa yang hebat sehingga belenggu yang mengikat tangan mereka terlepas, pintu dan gerbang penjara terbuka, sehingga semua orang yang ada dalam penjara itu bisa lari keluar dari penjara itu, karena tidak ada lagi yang mengikat dan membelenggu mereka. Pujian dan pengagungan kepada Allah merupakan senjata yang ampuh untuk melepaskasn tawanan setan. Begitu juga dalam pengalaman mengusir setan dalam pelayanan-pelayanan kelepasan sering sekali hal yang sama terjadi setan-setan keluar meninggalkan orang-orang yang dikuasainya ketika kita melayani orang itu dengan menyanyikan pujian dan pengagungan kepada Yesus Kristus.

Pengalaman mengusir setan dengan menengking-nengking setan sudah sering kita dengar dilakukan, sehingga kalau ada pelayanan pengusiran setan maka jurus utamanya adalah ditengking dalam nama Yesus, namun seringa sekali hal itu dilakukan berulang kali setannya tidak mau keluar. Sering juga ditanya-tanya itu setan siapa namanya? Dan lain sebagainya cara mengusir setan, namun sudah dilakukan, setan tidak juga keluar, dalam keadaan hampir putus asa maka keluarlah nyanyian pujian dan penyembahan juga nyanyian pengagungan kepada Allah, ketika nyanyian dilakukan berulang kali, tanpa disadari orang kesurupan itu tertidur dan nyanyian pujian terus dikumandangkan, penyembahan terus dilantunkan. Kemudian orang itu terbangun dan dia sadar dan sudah terbebas dari setan-setan yang menguasainya.

Saudara, ada banyak kesaksian begaimana dengan menyanyikan pujian dan pengagungan sering sekali kita beroleh jalan keluar dari persoalan-persoalan yang kita hadapi. Bahkan ada persoalan yang bisa selesai tanpa kita tahu bagaimana itu sudah selesai hanya karena kita menyanyi dan memuji Yesus Juru selamat kita itu. Allah berjanji dalamn tulisan Pemazmur bahwa pujian yang mengagungkan Tuhan sebagai SENJATA UNTUK MENGALAHKAN MUSUH.

Dalam sebuah buku Kidung Pujian dari gereja tertulis kata : Nyanyikanlah pujian kepada Tuhan, maka setan-setan akan lari meninggalkan kita.

YAKOBUS 4:7; ”Karena itu tunduklah kepada Allah dan lawanlah iblis, maka ia akan lari dari padamu!

Ayat ini membicarakan bagaimana supaya setan lari meninggalkan kita. Yakobus katakan tunduk kepada Allah artinya taati Tuhan dan lawanlah iblis. Bagaimana melawan setan? setan dilawan dengan MEMBESARKAN NAMA YESUS KRISTUS DENGAN PUJIAN DAN PENGAGUNGAN KEPADA NAMA YESUS maka setan akan lari dari kita, karena dia takut kepada Nama Yesus yang sudah mengalahkan dia diatas kayu salib dan Yesus sudah mengalahkan kerajaan maut ketika Dia bangkit dari KUBUR. Oleh karena itu ketika kita menghadapi KEMELUT maka taati perintah TUHAN dan NYANYILAH serukan pujian dan pengagungan kepada nama Yesus maka akan timbul KELEGAAN dan DAMAI SEJAHTERA YESUS KRISTUS akan menguasai hati dan pikiran kita. AMIN, HALELUYA, PUJI TUHAN YESUS.