Category Archives: Pnt. Leonardo Mangunsong

Renungan Taat, 4 Agustus 2019

BL NewTUNDUK DAN TAAT PADA OTORITAS

Oleh : Pnt. Leonardo Mangunsong

Esensi dalam pemuridan adalah dibangunnya sikap tunduk dan taat pada otoritas. Hal ini penting dibangun mengingat kecendrungan manusia untuk memberontak dan hidup dalam kesombongan, bahkan apabila kita tidak tunduk dan taat pada orotitas maka iblis diberi kesempatan untuk merusak dan menguasai kehidupan kita.

Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! (Yakobus 4:7).

Oleh karena itu Tuhan mengajar kita untuk tunduk dan taat pada otoritas yang pada dasarnya dilandasi tunduk kepada Allah yang akhirnya tunduk kepada lembaga yang ditetapkan oleh Tuhan termasuk orang-orang yang diatas kita yang menjadi pengayom bagi kita.

Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik (I Petrus 2:13-14).

Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.Read more