Category Archives: Kotbah

Renungan 12 Agustus 2018

BL NewTUHAN MELENGKAPI DENGAN PERBUATAN BAIK

Oleh : Pnt. Leonardo Mangunsong

Kita melakukan atau mengerjakan perbuatan-perbuatan yang baik bukan karena kemampuan atau kehebatan kita tetapi karena pekerjaan Allah di dalam kita. Bagian kita adalah taat dan terus mendengar setiap arahan demi arahan dari Tuhan untuk segala hal yang harus kita lakukan.

Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. (II Timotius 3: 15-17).

Itulah sebabnya kita dapat melakukan perbuatan baik yang standarnya jauh lebih tinggi dari pada nilai-nilai dunia bahkan dunia tidak dapat mencapainya. Bagi dunia “kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu, tetapi bagi kita yang diperlengkapi oleh Tuhan maka berlakulah : kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” (Matius 5:43-48)

Bagaimanakah cara Tuhan melengkapi kita untuk melakukan pekerjaan yang baik? ada beberapa hal diantaranya :

1. Dia memberikan RohNya tinggal dalam hati kita yang membuat kita dapat taat dan dapat berbuat baik sesuai standard Tuhan

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya. (Yehezkiel 36:26-27). Kita benar-benar harus menyadarinya dan memahaminya bahwa kebesaran Roh Allah yang ada dalam kitalah yang memampukan kita untuk dapat berbuat baik.

2. Dia memberikan firmanNya bagi kita yang dapat mengubah pikiran dan mengarahkan kita untuk dapat berbuat baik tepat seperti yang Tuhan maksudkan.

Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka, firman TUHAN: Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN. (Yesaya 59:21).

Firman Tuhan yang kita baca, direnungkan dan dideklarasikan sehingga dapat mengubah pikiran dan perasaan kita dan Firman itu juga yang akan mengarahkan kita untuk melakukan perbuatan baik untuk membangun orang lain.

Dia memberikan kepada kita hati yang taat dan dengar-dengaran akan Tuhan, sehingga kita selalu siap sedia untuk melakukan yang baik yang Tuhan perintahkan.

Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid. (Yesaya 50:4)

Dengan perlengkapan dari Tuhan supaya kita dapat berbuat baik maka kita dapat melakukannya seperti Yesus berbuat baik dan seperti Bapa yang selalu sempurna perbuatanNya sehingga kebaikan-kebaikan Tuhan dapat dilihat oleh dunia ini melalui kehidupan kita sebagai gerejaNya baik lewat perkataan maupun perbuatan kita.

Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. (II Timotius 4:2)

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:16)

Marilah kita terus berbuat baik karena Alah telah memperlengkapi kita kemampuan untuk berbuat baik untuk membangun orang lain seperti Tuhan Yesus telah berbuat baik kepada kita dan membangun hidup kita.