Category Archives: Bulber

Suara Penatua Bulan November 2018

BL NewGAYA HIDUP KERAJAAN ALLAH

Oleh : Pnt. Leonardo Mangunsong

Ketika kita lahir baru, melihat kerajaan Allah (Yohanes 3:3) dan melakukan kehendak Allah, masuk Kerajaan Allah (Matius 7:21) sehingga akhirnya kita memilki dan di miliki oleh Kerajaan Allah artinya mengalami perubahan hidup di mana dulu kita milik dunia ini dan mengabdi kepada dunia ini maka sekarang kita adalah milik Allah dan masuk kepada Pemerintahan Allah di mana Allah menjadi pusat hidup kita. Allah memerintah dalam seluruh hidup kita. Maka kita memiliki gaya hidup yang berbeda dari sebelumnya. Ini untuk menandakan bahwa kita hidup dalam Kerajaan Allah.

Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita (I Korintus 6:9-11).

Ada beberapa gaya Hidup yang harus kita miliki dan hidup sebagai anggota Kerajaan Allah diantaranya yaitu :

1. Hidup senantiasa memilki persekutuan dan perjumpaan dengan Tuhan (Mazmur 42:1-9).

Karena Yesus adalah Raja kita maka kita harus hidup bersekutu dan berjumpa dengan Yesus senantiasa. Persekutuan yang dimaksud kita bangun melalui kehidupan membaca dan merenungkan Firman Tuhan, kehidupan pujian dan penyembahan serta kehidupan doa yang tak putus-putusnya. Pada akhirnya kita selalu mengalami perjumpaan dengan Tuhan sehingga roh, jiwa dan tubuh kita berpusatkan dan fokus kepada Yesus dan kita mengalami kebersatuan dengan Tuhan yang sangat dalam, akibatnya kita dapat mendengar suara-Nya serta arahan dari Tuhan kita Yesus, Raja segala raja. Kita senantiasa terus mengalami jatuh cinta kepada Dia.

2. Hidup dengan memilki hati yang lembut dan remuk hati untuk dibentuk dan diproses oleh Tuhan (Yesaya 66:2).

Kita harus masuk kepada kehidupan yang baru, yaitu kehidupan Kerajaan Allah. Ada banyak segi kehidupan kita yang harus diubahkan. Perlu hati yang lembut dan remuk agar mudah dibentuk oleh Tuhan lewat kehidupan sehari-hari atau kehidupan doa kita, dengan demikian kita menjadi serupa dengan Kristus, memiliki gaya hidup Kerajaan Surga. Penting sekali kita memiliki hati yang lembut dan remuk karena Allah dekat dengan orang-orang yang demikian, dasarnya adalah hati yang lapar dan haus akan Tuhan.

3. Hidup dalam kekudusan (I Petrus 1:13-16).

Kekudusan adalah representasi dari kehidupan Tuhan Yesus. Kekudusan dalam pikiran, perkataan dan perbuatan menyebabkan kita dapat merepresentasikan kehidupan Yesus, Raja kita sehingga di dalam Kerajaan-Nya terlihat kehidupan yang kudus dan hanya orang-orang yang hidup dalam kekudusanlah yang dapat melihat dan berjumpa dengan Tuhan.

4. Hidup di dalam takut akan Tuhan (Ibrani 12:28).

Setiap anggota Kerajaan Allah harus tunduk dan menghormati Raja-Nya. Kesadaran akan kebesaran dan kedaulatan Tuhanlah yang menyebabkan kita hidup dalam takut dan hormat akan Tuhan. Pada zaman akhir ini banyak orang yang membicarakan tentang Kerajaan Allah namun tidak hidup dalam takut akan Tuhan. Orang-orang yang takut akan Tuhan adalah orang-orang yang selalu menghidupi kebenaran Firman Tuhan, tunduk kepada Firman Tuhan dan selalu senantiasa melakukan Firman Tuhan, selalu bertanya kepada Tuhan untuk setiap apapun yang akan dilakukannya dan tidak sombong, takut akan Tuhan dalam menggunakan waktu, uang dan perkataan mereka.

Tuhan ingin kita memahami bahwa ketika kita memilki Kerajaan Allah berarti kita harus hidup di dalam gaya hidup Kerajaan Allah, hidup yang selalu bersekutu dengan Raja segala raja, hidup dengan hati yang lembut dan remuk untuk dibentuk dan diproses oleh Tuhan. Hidup yang senantiasa merepresentasikan kekudusan Tuhan dalam segala hal dan hidup di dalam takut dan hormat akan Tuhan, karena demikianlah kehidupan Yesus selama Dia ada di bumi bersama-sama murid-murid-Nya dan Tuhan ingin kita hidup dengan gaya hidup yang sama di hidupi dan di milki oleh Yesus . Marilah kita senantiasa menghidupinya sehingga Kerajaan Allah nyata di bumi melalui kehidupan gereja-Nya.